alexametrics

Jose Mourinho: Kontrak David de Gea Tak Sebanding dengan Performanya

23 September 2019, 15:00:51 WIB

JawaPos.com-Laga tandang masih menjadi momok buat Manchester United. Dalam periode Februari hingga September tahun ini, Setan Merah tak pernah sukses menangkal bola yang menyobek gawangnya.

West Ham menjadi tim kedelapan yang sukses menjebol gawang United di laga tandang. Sebelum kemarin (22/9), ada Crystal Palace (27/2), Arsenal (10/3), Wolverhampton Wanderers (2/4 dan 19/9), Everton (21/4), Huddersfield Town (5/5), serta Southampton (31/8).

Nah, pada matchday keenam kemarin, The Hammers menang 2-0 atas United di London Stadium. Dua gol West Ham dihasilkan Andriy Yarmolenko pada menit ke-44 dan Aaron Cresswell (84’).

Hasil negatif di kandang West Ham tersebut menjadi deja vu musim lalu. Pada 29 September tahun lalu, United kalah 1-3. Bedanya, saat itu United masih berada di bawah kendali pelatih Jose Mourinho.

Squawka mencatat, pelatih West Ham Manuel Pellegrini kini sudah mengalahkan semua pelatih United setelah era Sir Alex Ferguson. Mulai David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, hingga Ole Gunnar Solskjaer.

Pada babak pertama, West Ham dan United sama-sama mencatat angka rendah untuk jumlah tembakan. West Ham melepaskan empat tembakan, sedangkan tim tamu hanya dua tembakan. West Ham menciptakan empat peluang berbahaya, sedangkan United cuma dua.

Absennya Paul Pogba karena cedera engkel kaki kanan membuat lini tengah United kehilangan soliditas. Juan Mata, Andreas Pereira, dan Daniel James tidak banyak memberikan suplai kepada Marcus Rashord.

Rashford sendiri harus meninggalkan lapangan pada menit ke-61 dan digantikan Jesse Lingard karena cedera. Dalam 61 menitnya di lapangan, Rashford sama sekali tak melakukan tembakan ke gawang West Ham.

Setelah kebobolan pada akhir babak pertama, United tak melakukan pergantian sampai Rashford terpincang-pincang meninggalkan lapangan. Tim dokter United sendiri belum memberikan info detail cedera Rashford tersebut.

Sementara itu, dengan tambahan dua gol kemarin, kiper United David de Gea telah kebobolan enam gol dalam enam matchweek yang dijalani. Atas statistik buruk tersebut, eks pelatih United yang kini jadi pandit Sky Sports Jose Mourinho menyebut bahwa penandatanganan kontrak baru dengan De Gea terlihat sia-sia.

De Gea yang pekan lalu mengikat diri sampai 2023 bersama United disebut Mourinho memasuki periode penurunan performa. Klub-klub besar sekelas Real Madrid, PSG, dan Barcelona sudah tak meminati dia.

’’Momen De Gea dihargai setinggi saat ini oleh United seharusnya terjadi musim lalu atau dua musim sebelumnya. De Gea mendapatkan kontrak yang fenomenal dan saya bilang ada sedikit keberuntungan karena kontrak dengan performa tak berbanding lurus,’’ kata Mourinho.

Gol kedua West Ham menunjukkan eksekusi tendangan bebas yang istimewa dari Aaron Cresswell. Diawali pelanggaran Ashley Young kepada Mark Noble, Cresswell kemudian jadi algojo yang sempurna. Bola Cresswell ke kiri pojok atas gawang De Gea tak bisa dijangkau eks kiper Atletico Madrid tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : dra/c17/tom



Close Ads