alexametrics
Serie A Italia

Vialli Merasa Lebih Tangguh Setelah Pulih dari Sakit Kanker

23 Agustus 2019, 18:30:19 WIB

JawaPos.com – Ketika Gianluca Vialli terjangkit penyakit kanker pada 2017, pria 55 tahun itu memilih diam. Sambil kemoterapi, Vialli terus menjalankan aktivitasnya sebagai pundit di Sky Italia. ”Setahun berlalu sejak saya terjangkit kanker dan saya kembali lebih kuat kini secara fisik,” kata Vialli saat diwawancara Corriere delle Serra Desember tahun lalu.

Karena itu, ketika Vialli bersama konsorsium CalcioInvest mengambil alih kepemilikan Sampdoria, hal tersebut menunjukkan bahwa kanker tidak lagi menjadi halangan besar bagi penyerang yang menyumbangkan enam trofi dalam delapan musimnya (1984–1992) di Sampdoria itu.

Vialli membeberkan, ketika menjalani kemoterapi, dirinya mengalami penurunan berat badan secara drastis. Untuk mengamuflasekan kondisi tubuhnya yang mengecil itu, Vialli sering memakai kaus dobel di balik sweternya. ’’Pengalaman bertarung dengan kanker telah membuat saya menjadi sosok yang lebih baik. Mungkin semua berpikir bahwa saya melawan kanker dengan gagah berani. Namun, sebetulnya di hati kecil saya ada juga jeritan ketakutan,” tuturnya kepada RAI 1.

Untuk mengalihkan rasa takut, Vialli mengaku terus menjalani aktivitas sehari-hari. Dan, salah satu aktivitas yang memberinya gairah terbesar terus berjuang melawan kanker adalah menulis. ”Idenya mungkin karena saya ingin berbagi dengan mereka yang mengalami kanker dan sedang berjuang. Spirit menyebarkan perlawanan ini yang membuat saya bertahan,” kata Vialli. ’’Kengototan saya sembuh ini sama besarnya ketika saya sebagai pemain di lapangan,” lanjut suami Cathryn White-Cooper sekaligus ayah Olivia dan Sofia tersebut.

Vialli menambahkan, proses memberi tahu keluarga terdekat merupakan proses yang berat. Sebab, sampai saat ini belum ada obat untuk kanker dan bayangan buruk, termasuk kematian, membayang di depan keluarganya. ”Saya katakan kepada keluarga saya, dalam lingkaran kehidupan, nasib berpengaruh 10 persen. Sedangkan 90 persen lainnya adalah bagaimana sikap kita menghadapinya,” jelas mantan pemain-pelatih Chelsea tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads