alexametrics
EURO 2020

Seperti Jerman, Prancis Bisa Eksploitasi Kelemahan Portugal

Oleh KURNIAWAN DWI YULIANTO*
23 Juni 2021, 13:48:35 WIB

DUA grup terakhir Euro yang bertanding mulai malam ini memang sangat menentukan. Di grup E terdapat Swedia vs Polandia dan Slovakia melawan Spanyol. Sedangkan di grup F ada Jerman vs Hungaria dan Portugal menghadapi Prancis.

Saya lebih tertarik mengomentari grup terakhir. Ini pantas disebut grup neraka dengan masing-masing negara juga masih memiliki kans untuk lolos. Les Bleus –julukan Prancis– sudah aman mendapatkan satu tiket dari grup ini minimal lewat posisi ketiga.

Kebetulan, saya juga menjagokan Prancis untuk bisa menjuarai ajang paling bergengsi antarnegara di Eropa ini. Sebab, secara materi, tim yang diarsiteki Didier Deschamps tersebut lebih merata. Dengan kepastian tiket di tangan, Hugo Lloris dkk bisa lebih tenang meladeni Portugal yang posisinya belum aman.

Dengan materi mentereng, diimbangi Hungaria di partai sebelumnya bakal menjadi cambuk bagi Prancis dan bakal dibuktikan saat melawan Portugal. Sama-sama memiliki skuad yang bagus, tapi Prancis menurut saya bakal bisa mendominasi permainan.

Menurut saya, lini tengah Prancis yang berisi nama-nama seperti N’Golo Kante hingga Paul Pogba lebih kuat dan bisa mengontrol pertandingan malam ini. Selain itu, lini belakang Portugal terlihat agak lemah dalam meredam serangan lawan.

Itu terlihat saat melawan Jerman dengan diberondong empat gol. Dua di antaranya adalah gol bunuh diri yang memperlihatkan kegugupan sektor belakang tim juara bertahan tersebut ketika digempur terus-menerus.

Padahal, tidak berbeda jauh dari Jerman, lini serang Prancis terbilang mengerikan. Mereka punya trio Karim Benzema-Kylian Mbappe-Antoine Griezmann.

Sementara itu, di partai satunya lagi, Jerman saya rasa masih terlalu kuat bagi Hungaria. Apalagi, kepercayaan diri mereka kian tinggi setelah mengalahkan Portugal dengan skor 4-2. Hungaria juga sebetulnya tengah percaya diri setelah mengimbangi Prancis. Tapi, laga kali ini bakal berbeda bagi mereka.

Baca juga: Inggris, Tim Juara Grup dengan Produksi Gol Terendah dalam Sejarah

Ya, berbeda dengan laga-laga Hungaria sebelumnya yang dimainkan di Puskas Arena, Budapest, yang selalu dipenuhi ribuan pendukung. Laga pemungkas di grup F ini bakal dimainkan di Allianz Arena, Muenchen, kandang Jerman. Karena itu, saya memprediksi Prancis dan Jerman menjadi dua tim yang lolos langsung dari grup ini.

Sementara di grup E, setelah Swedia menyegel satu slot, rasanya satu slot lagi akan menjadi milik Spanyol. Menghadapi Slovakia memang tidak akan mudah. Tapi, menghadapi kemungkinan tidak lolos akan memunculkan sense of urgency di kalangan para pemain Spanyol.


*) KURNIAWAN DWI YULIANTO, Pelatih Sabah FC, pernah bermain di Italia dan Swiss

**) Seperti disampaikan kepada wartawan Jawa Pos Rizky Ahmad Fauzi

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c17/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads