alexametrics

Bursa Transfer Penggawa Les Bleus: Ada yang Pulang hingga Bintang Muda

23 Mei 2022, 09:18:38 WIB

JawaPos.com – Musim 2021–2022 di lima liga elite Eropa berakhir dini hari tadi (23/5). Tapi, aktivitas bursa transfer musim panas 2022 sudah ramai.

Para pemain dari timnas juara dunia Prancis paling banyak menjadi sorotan.

Sebelum keputusan striker Paris Saint-Germain Kylian Mbappe untuk bertahan kemarin (22/5), gelandang Manchester United Paul Pogba yang kontraknya habis akhir Juni nanti sudah memutuskan klubnya untuk musim depan.

Pogba memilih kembali ke Serie A untuk berkostum Juventus.

Pogba yang tidak masuk rencana tactician United musim depan Erik ten Hag rela menerima potongan gaji besar-besaran demi balik kucing ke Bianconeri.

Dari awalnya menerima sekitar GBP 15 juta (Rp 274,8 miliar) per musim menjadi ”hanya” GBP 8,5 juta (Rp 155,7 miliar) atau nyaris separo.

Pogba sebenarnya juga mendapat tawaran dari PSG. Tetapi, hati gelandang 29 tahun itu memilih Juve. Dia ingin merepetisi periode pertama bersama Juve pada 2012–2016 yang berujung delapan trofi.

Alur kepulangan ke Juve sama seperti sedekade silam. Yaitu, bergabung dengan free transfer.

Bagi Ten Hag, meski tidak ingin lagi diperkuat Pogba, suksesor yang diinginkannya adalah tandem pivot Pogba di skuad Les Bleus.

Yakni, gelandang Chelsea N’Golo Kante. Pemain berjuluk Si Tikus itu diproyeksikan menjadi rekrutan pertama pelatih asal Belanda tersebut.

Kontrak Kante bersama Chelsea yang tinggal semusim dan kondisi internal yang belum stabil meski sudah memiliki pemilik baru coba dimanfaatkan United.

Apalagi, usianya sudah memasuki 31 tahun dan Todd Boehly sebagai pemilik baru Chelsea disebut menginginkan perombakan skuad dengan usia yang lebih muda.

”Fokus kami sebagai pemain hanya berlatih dan mempersiapkan pertandingan secara maksimal. Tentu saja itu (bursa transfer dan kontrak baru, Red) tetap menjadi perhatian.”

”Tetapi, prioritas kami adalah menghasilkan yang terbaik (di lapangan, Red),” tutur Kante seperti dilansir Football London.

Sederet penggawa Les Bleus lain yang masuk pusaran bursa transfer adalah mereka yang berstatus pinjaman.

Antara lain kiper Alphonse Areola (Paris Saint-Germain) serta bek tengah William Saliba dan gelandang Matteo Guendouzi (keduanya Arsenal).

Juga bintang muda seperti bek tengah Jules Kounde (Sevilla/23 tahun), gelandang bertahan Aurelien Tchouameni (AS Monaco/22 tahun), hingga wide attacker 24 tahun Christopher Nkunku yang baru saja juara DFB-Pokal bersama RB Leipzig.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads