alexametrics

Bermain dengan Satu Mata, Bisa Bantu Manchester United Menang

22 Oktober 2020, 23:06:29 WIB

JawaPos.com-Paul Pogba baru masuk pada menit ke-67. Donny van de Beek malah tampil dua menit sebelum waktu normal habis. Dua gelandang bertalenta itu harus merelakan dua posisi di sentral lapangan tengah jadi milik Scott McTominay dan Fred.

Meski kalah dominan ketimbang lini tengah Paris Saint-Germain (PSG), performa McTominay dan Fred terbilang bagus dalam membantu pertahanan. McTominay paling seimbang dalam aspek menyerang (2 kali umpan kunci dan 6 kali umpan jauh) maupun saat membantu pertahanan (4 kali sapuan dan 3 kali tekel).

Padahal, seperti pengakuan pelatih United Ole Gunnar Solskjaer, McTominay bermain tidak dalam kondisi ideal di babak pertama. Satu lensa kontak gelandang berjuluk McSauce itu jatuh dan tidak bisa ditemukannya.

’’Jadi, Scotty (McTominay) bermain dengan ’satu mata’ sepanjang babak pertama dan penampilannya tetap mengesankan,” ungkap Solskjaer seperti dilansir Manchester Evening News.

Bukan hanya pada saat bertahan, dengan satu mata pula, pemain 23 tahun yang sudah punya 17 caps bersama timnas Skotlandia itu masih mampu mengancam gawang PSG pada menit ke-37.

Namun, tembakan pemain yang menjalani debut bersama United tiga tahun lalu itu masih bisa dimentahkan kiper PSG Keylor Navas.

Permainan dengan satu mata di babak pertama tersebut tidak sia-sia karena McTominay serasa deja vu di Parc des Princes 19 bulan lalu. Yakni, ketika United mampu mengalahkan PSG 3-1 dalam second leg 16 besar Liga Champions 2018–2019 sehingga lolos ke babak berikutnya berkat gol tandang. McTominay juga berpasangan dengan Fred kala itu.

Kedisiplinan McTominay dan Fred membantu pertahanan turut memberi andil tidak ada satu pun di antara trisula PSG, Angel Di Maria-Kylian Mbappe-Neymar Jr, menaklukkan gawang kiper United David de Gea.

”Saat kami mengalahkan Newcastle (4-1 di Premier League, 18/10, Red), mereka (McTominay dan Fred, Red) meletakkan fondasi kemenangan yang menjadi alasan saya untuk kembali memercayai mereka dalam pertandingan hari ini (kemarin, Red),’’ beber Solskjaer.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c17/dns



Close Ads