alexametrics

Tim Pertama dalam Sejarah yang Selalu Menang dan Tak Pernah Kebobolan

22 Juni 2021, 21:12:48 WIB

JawaPos.com – Roberto Mancini sempat mempertontonkan skill olah bolanya di lapangan. Itu dia lakukan saat laga Italia melawan Wales di Stadion Olimpico, Roma, tengah berlangsung.

Ya, di tengah laga, bola tiba-tiba nyasar ke arahnya. Mancini yang melihat bola mengarah kepadanya langsung mengontrolnya dengan tumit kaki sambil tetap membelakangi bola. Asisten pelatih Gianluca Vialli hanya terkekeh melihat aksi Mancini.

Apa yang dilakukan Mancini itu seolah merupakan gambaran suasana di skuad Italia. Yakni, Gli Azzurri –julukan timnas Italia–begitu rileks melakoni laga pemungkas grup A.

Italia pun lolos sempurna setelah menaklukkan Wales dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Italia dicetak Matteo Pessina pada menit ke-39. Hasil tersebut sekaligus membuat Italia sama sekali tidak kebobolan dalam tiga pertandingan penyisihan grup A.

Torehan tersebut sekaligus membuat Italia mencetak rekor tersendiri. Yakni, menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang selalu menang dan tidak pernah kebobolan pada fase grup.

Total, Italia belum terkalahkan dalam 30 pertandingan berturut-turut. Itu menyamai rekor timnas Italia pada 1935–1939. Italia kini juga sudah 1.000 menit lebih tak pernah kebobolan di pertandingan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c13/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads