alexametrics

Manuel Neuer Dipastikan Tidak Mendapat Sanksi Disiplin dari UEFA

22 Juni 2021, 21:19:19 WIB

JawaPos.com – Manuel Neuer dipastikan tidak mendapat sanksi disiplin dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Hal itu terkait dengan aksi Neuer yang menggunakan ban kapten berwarna pelangi.

Ban kapten tersebut dia kenakan dalam dua pertandingan Euro 2020 yang telah dijalani timnas Jerman.

Ban kapten berwarna pelangi itu merupakan simbol dukungan Neuer dan Federasi Sepak bola Jerman (DFB) terhadap komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Komunitas tersebut sedang merayakan Pride Month selama Juni ini. Dalam rilis resmi, DFB menyebut sudah mendapat surat resmi dari UEFA.

Isinya adalah mereka telah menghentikan investigasi terkait aksi Neuer di lapangan. Sebelumnya, UEFA sempat melakukan investigasi terkait aksi Neuer tersebut. Sebab, tindakan kiper 35 tahun itu dianggap termasuk mempertontonkan sikap politik yang seharusnya tidak boleh dilakukan di lapangan.

”Dalam surat tersebut dikatakan, ban kapten milik Neuer merupakan simbol keberagaman dan memiliki tujuan baik. Tidak diperlukan lagi investigasi lanjutan terkait aksi tersebut,” tulis DFB dalam rilis resmi mereka dilansir ESPN.

Wali Kota Muenchen Dieter Reiter ikut menyambut baik keputusan UEFA. Dia bahkan berencana meminta izin langsung ke UEFA untuk menghiasi stadion Allianz Arena dengan lampu berwarna pelangi. Yakni, saat menyelenggarakan pertandingan terakhir Jerman di fase grup F melawan Hungaria pada Kamis dini hari mendatang (24/6).

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c13/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads