alexametrics
1 Rusia vs Denmark 4

Denmark Lolos Sangat Dramatis, Catat Rekor Baru dalam Sejarah Euro

22 Juni 2021, 06:56:58 WIB

JawaPos.com-Denmark, pada mulanya mendapatkan rentetan hasil buruk plus tragedi dalam dua pertandingan awal Euro 2020. Namun, pada laga ketiga Grup B dini hari tadi (22/6), Denmark bangkit untuk memukul Rusia 4-1. Kemenangan telak, memastikan Denmark lolos ke babak 16 besar.

Di dua pertandingan pertama, peluang Denmark seolah tertutup dengan kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia. Tetapi, kemenangan 4-1 atas Rusia dan kekalahan 0-2 Finlandia dari Belgia pada waktu yang bersamaan, membuat konstelasi berubah.

Denmark, Finlandia, dan Rusia memiliki nilai sama tiga dalam tiga pertandingan. Ketiganya sudah saling mengalahkan. Namun, pada akhirnya, Denmark yang berhak menjadi runner-up Grup B karena memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Finlandia dan Rusia. Dalam matchday kedua sebelumnya, Rusia berhasil mengalahkan Finaldia dengan skor 1-0.

Karena memiliki poin yang sama, peringkat tim ditentukan dengan selisih gol antar tiga tim itu. Denmark menjadi runner-up karena punya selisih gol lebih baik. Denmark mempunyai selisih gol +2. Sedangkan Finlandia berada di posisi ketiga dengan selisih gol 0. Sedangkan Rusia dipastikan tersingkir karena punya selisih gol -2.

Kelolosan Denmark ini adalah peristiwa fenomenal. Sebab berdasarkan data Opta, Denmark menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang lolos ke fase knockout setelah menelan dua kali kekalahan dalam dua laga awal.

Hasil ini semakin manis karena pada laga pembuka melawan Finlandia, Denmark terhantam tragedi akibat kolapsnya bintang utama mereka Christian Eriksen di lapangan. Eriksen mengalami henti jantung pada menit ke-43. Untunglah, nyawa gelandang Inter Milan itu bisa terselamatkan.

Di sisi lain, Belgia keluar sebagai juara grup B dengan rekor sempurna, tiga kali main, tiga kali menang. Sementara itu, Finlandia masih memiliki peluang untuk lolos dengan status sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads