Meneror Posisi Jordan Pickford

21 September 2022, 09:05:48 WIB

JawaPos.com – Jordan Pickford menjadi kiper nomor satu timnas Inggris sejak Piala Dunia Rusia 2018.

Kiper Everton itu kembali menjadi pilihan pelatih The Three Lions Gareth Southgate dalam Euro 2020 yang dihelat tahun lalu.

Belakangan, seiring performa Everton yang anjlok, posisi Pickford sebagai kiper utama The Three Lions dipertanyakan.

Sebab, pada saat bersamaan, para pesaing Pickford tampil moncer. Di antaranya, kiper Arsenal Aaron Ramsdale.

Musim lalu Ramsdale merupakan kiper Inggris terbaik untuk nirbobol di Premier League (12 kali).

Ramsdale dikuntit Nick Pope yang moncer bersama Burnley FC dan makin mengilap setelah bergabung dengan Newcastle United musim ini.

Hingga matchweek ketujuh Premier League musim ini, Pope dan Ramsdale sama-sama mencatat 3 kali nirbobol.

Mereka hanya kalah oleh kiper Manchester City dan timnas Brasil Ederson Moraes (4 kali nirbobol).

Pope pun telah memenangkan penghargaan Save of the Month edisi Agustus 2022.

Kesempatan Pope dan Ramsdale meneror posisi Pickford terbuka dalam dua laga pemungkas The Three Lions di grup 3 UEFA Nations League A 2022–2023.

Masing-masing melawan Italia di Stadio San Siro, Milan (24/9), lalu Jerman di Wembley Stadium, London (27/9).

Dalam dua laga tersebut, Pickford absen. Kiper dengan 45 caps itu merasa masih bermasalah dengan cedera paha yang dialaminya dalam derbi Merseyside awal bulan ini (3/9).

Pope dengan caps lebih banyak (8 berbanding 3) ketimbang Ramsdale disebut paling berpeluang starter saat melawan Italia.

”Aku sudah berusia kepala tiga (30 tahun, Red). Aku sadar tidak akan bisa menjadi kiper di timnas Inggris yang mampu mencapai 50 sampai 60 caps,” tutur Pope kepada Chronicle Live

”Tapi, aku masih bisa mendapatkan yang lebih (kiper nomor satu The Three Lions, Red) dan tunggu saja apa yang bisa kudapatkan,” tambahnya.

Di sisi lain, pelatih Arsenal Mikel Arteta mendukung Ramsdale layak diberi kepercayaan sebagai penjaga gawang nomor satu The Three Lions.

Usia Ramsdale yang masih 24 tahun disebut Arteta punya prospek cerah.

”Performanya sejak bersama kami telah memperlihatkan kapabilitasnya. Kita tunggu saja keputusan untuknya. Yang jelas, kami berharap terbaik untuknya,” beber Arteta seperti dilansir Tribal Football.

Selain Pope dan Ramsdale, pelatih The Three Lions Gareth Southgate memanggil kiper Nottingham Forest Dean Henderson.

Kiper yang akrab disapa Deano itu sempat tampil moncer bersama Sheffield United pada 2019–2020.

Tapi, penampilan minim bersama Manchester United dua musim beruntun (2020–2021 dan 2021–2022) mereduksi kesempatannya bersaing di timnas.

Bersama Forest musim ini, Deano kembali tampil hebat. Jumlah kebobolannya memang terlalu banyak (17 gol dalam 7 matchweek Premier League).

Tapi, aksinya ketika menggagalkan penalti striker Tottenham Hotspur sekaligus kapten The Three Lions Harry Kane dalam matchweek keempat (29/8) menuai atensi.

”Seandainya Manchester United memberinya kesempatan (bermain, Red) lebih banyak, Deano mungkin bisa jadi kiper nomor satu timnas,” kata mantan pelatih Sheffield United Chris Wilder.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini: