alexametrics

Usai Lawan Belanda, Pengukir Rekor Makedonia Utara Pensiun dari Timnas

21 Juni 2021, 18:48:37 WIB

JawaPos.com – Goran Pandev menyatakan akan pensiun dari Timnas Makedonia Utara setelah menghadapi Belanda dalam laga pemungkas Grup C Euro 2020 di Amsterdam, Senin (21/6) malam WIB. Pertandingan itu sudah tidak berarti apapun bagi Makedonia Utara yang sudah dipastikan tersingkir dari penampilan debut mereka di turnamen bergengsi Piala Eropa.

Pasalnya, Pandev dkk tidak akan beranjak dari dasar klasemen Grup C setelah dalam dua laga sebelumnya kalah dari Austria dan Ukraina.

“Ini akan menjadi pertandingan terakhir saya bagi timnas. Rasanya ini waktu yang tepat untuk menyudahi karir internasional saya,” kata Pandev dikutip Reuters.

Pemain berusia 37 tahun itu sejauh ini punya torehan 38 gol dalam 121 penampilan sejak debut di Timnas Makedonia Utara pada 2021. Pandev telah menorehkan sejarah karena menjadi pemain pertama Makedonia Utara yang mencetak gol di pentas Piala Eropa.

Pandev juga menjadi pemain tertua kedua yang berhasil mencetak gol di ajang Piala Eropa. Pandev melakukannya pada usia 37 tahun 321 hari saat melawan Austria. Sementara pemain tertua yang mencetak gol di ajang Euro adalah Ivica Vastic (Austria). Kala itu Vastic berusia 38 tahun 257 hari saat melawan Polandia pada 2008.

Kendati menanggalkan seragam Makedonia Utara, Pandev yakin negara pecahan Yugoslavia itu akan tampil bagus di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Makedonia Utara saat ini berada di posisi kedua Grup J kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan awal, termasuk mengalahkan Jerman 2-1.

“Generasi ini akan membawa banyak kegembiraan bagi negara kami di masa depan, saya percaya mereka bisa lolos ke babak utama Piala Dunia,” kata Pandev.

“Pertandingan melawan Belanda akan sangat spesial, semoga saya mendapatkan penampilan perpisahan yang bagus,” ujarnya menambahkan.

Pandev mengakui dia juga mempertimbangkan gantung sepatu dari level klub. “Mungkin dalam waktu dekat karir klub saya juga sudah berakhir, tapi yang sudah jelas untuk timnas saya yakin ini sudah selesai,” tutup Pandev.

Dalam enam tahun terakhir Pandev memperkuat Genoa. Itu setelah ambil bagian dalam tim bersejarah Inter Milan yang meraih treble winners pada 2009-2010 yakni Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads