alexametrics
Premier League

Klub-klub Premier League Sibuk Mengamankan Kontrak Pemain Veteran

21 Mei 2020, 11:00:57 WIB

JawaPos.com – Usia yang menapak 38 tahun dan peran hanya sebagai kiper pelapis Chelsea membuat Willy Caballero santer disebut tidak akan berkostum Chelsea musim depan. Setidaknya ketimbang trio pemain veteran The Blues lainnya di lini serang. Yakni, Olivier Giroud (33 tahun), Pedro Rodriguez (32 tahun), dan Willian (31 tahun).

Namun, kemarin (20/5) justru Caballero yang mendapatkan kontrak kerja baru. Kiper berkebangsaan Argentina itu bakal berada semusim lagi di Cobham Training Center atau hingga 30 Juni 2021. Caballero masih dianggap penting bagi pelatih Chelsea Frank Lampard seiring performa naik turun kiper utama Kepa Arrizabalaga.

’’Saya memercayai Willy (Caballero) karena dia berlatih keras, masih cekatan, dan menunjukkan sikap yang sangat profesional. Kepa (Arrizabalaga) maupun Willy memiliki kans yang sama untuk tampil di setiap laga,’’ kata Frank Lampard sebagaimana dikutip talkSPORT.

Pada Januari–Februari lalu, misalnya, Lampard ’’menghukum’’ Kepa dengan mencadangkannya karena sering melakukan blunder. Status kiper termahal dunia, tampaknya, tidak menyilaukan Lampard. Meski mengambil alih posisi kiper utama, Caballero dalam berbagai kesempatan tetap menyebutkan bahwa dirinya hanya cadangan Kepa.

’’Kepa adalah kiper muda dengan ego besar. Final Piala Liga musim lalu menunjukkannya,’’ tulis The Sun. Kala itu Kepa menolak diganti oleh pelatih Chelsea Maurizio Sarri menuju akhir babak tambahan waktu. Meski kemudian Sarri enggan memperpanjang masalah dan menyebut telah terjadi kesalahpahaman. Sarri mengira Kepa mengalami cedera sehingga dirinya ingin memasukkan Caballero. Padahal, setelah Chelsea kalah di final, Kepa menjalani sanksi larangan bermain yang disebut karena perilakunya.

Setelah Caballero, Chelsea disebut bakal berbicara mengenai kelanjutan kontrak trio Giroud, Pedro, dan Willian yang habis pada 30 Juni nanti. Jika Premier League memang berlanjut pada 12 Juni, berarti The Blues perlu memastikan nasib mereka secepatnya.

Sejauh ini, di antara ketiganya, hanya Giroud yang diklaim sudah menyepakati opsi ekstensi kontrak seperti Caballero. Di sisi lain, Willian dan Pedro memiliki rencana lain. Willian ingin bereuni dengan pelatih yang mengajaknya bergabung dengan Chelsea pada 2013 dan kini menangani Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Sementara itu, Pedro berkeinginan ’’pulang kampung’’ ke La Liga. Valencia dan Real Betis siap memberikan tempat bagi mantan penyerang FC Barcelona tersebut. Kalaupun Pedro dan Willian meneken kontrak baru, itu tak lain kontrak pendek untuk tetap membela Chelsea hingga kompetisi musim ini tuntas.

Sejatinya, Lampard masih membutuhkan Pedro dan Willian dalam skuad. Bukan hanya soal menjadi mentor dan mentransfer ilmu, melainkan juga untuk menjadi pengontrol ruang ganti The Blues. ’’Semoga klub (Chelsea) bisa mengupayakan kesepakatan baru dengan mereka yang kontraknya habis per akhir Juni,’’ tutur Lampard seperti dilansir The Guardian.

Selain Chelsea, Manchester City juga disebut sedang mengupayakan kontrak singkat atau hingga kompetisi tuntas untuk kapten tim David Silva. Namun, sumber internal ESPN di City menyebutkan, Silva juga tetap dirayu agar mau bertahan untuk musim depan.

Klub berjuluk The Citizens itu belajar dari apa yang terjadi dengan kapten mereka sebelumnya, Vincent Kompany. Vinnie –sapaan Vincent Kompany– yang pergi ke klub masa kecilnya di Belgia, RSC Anderlecht, sebagai pelatih-pemain ternyata meninggalkan celah yang menganga di jantung pertahanan.

Kehilangan Vinnie, lalu Aymeric Laporte cedera, jebloklah pertahanan City. Fernandinho akhirnya ditarik mundur sebagai bek lantaran John Stones tak stabil dan hanya menyisakan Nicolas Otamendi.

Untuk pengganti Silva, City memang sudah menyiapkan Phil Foden. Tapi, masih ada keraguan apakah Foden bisa membentuk kolaborasi apik dengan Kevin De Bruyne-Rodri-Ilkay Guendogan di lini sentral City.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns



Close Ads