alexametrics

Gavi, Pengganti Pedri dan Representasi Kebanggaan La Masia

21 April 2022, 10:20:06 WIB

JawaPos.com – Dua kekalahan terakhir oleh Eintracht Frankfurt (15/4) dan Cadiz CF (19/4) dialami FC Barcelona tanpa penampilan Pedri.

Gelandang wonderkid berusia 19 tahun itu mengalami cedera hamstring sehari sebelum menghadapi Eintracht.

Apesnya, pemilik nama lengkap Pedro Gonzalez Lopez tersebut dinyatakan tim medis harus absen hingga akhir musim.

Tanpa Pedri, entrenador Barca Xavi Hernandez sudah memiliki penggantinya. Siapa lagi kalau bukan Gavi, gelandang yang tak kalah muda lainnya dengan usia 17 tahun.

Pablo Martin Paez Gavira, nama lengkap Gavi, telah sukses menarik minat pelatih timnas Spanyol Luis Enrique dalam semifinal UEFA Nations League 2020–2021 pada 7 Oktober tahun lalu.

Keputusan Enrique menjadikan Gavi sebagai pemain termuda yang membela La Furia Roja turut membanggakan La Masia, akademi milik Barca.

Sesuatu yang tidak melekat pada Pedri karena dia dibeli Barca dari Las Palmas dua musim lalu. Semula banyak yang mengira Pedri adalah jebolan La Masia.

Secara statistik penampilan, Gavi jauh lebih unggul daripada Pedri. Dia sudah tampil di 40 laga, sedangkan Pedri 22 laga.

Hanya, absennya Pedri lebih disebabkan bergelut dengan cedera hamstring sehingga membuat dia menepi dalam 23 laga.

Dengan pengalaman lebih bagus, Pedri memiliki peran yang lebih terasa dalam alur permainan Barca ketimbang Gavi.

Seperti statistik dari Mundo Deportivo, Barca lebih perkasa di La Liga ketika Pedri main atau persentase kemenangan mencapai 89 persen.

Ketika Pedri absen, persentase kemenangan FCB menurun drastis hingga 49 persen.

Hanya, seperti diungkapkan Xavi, karakteristik Pedri dan Gavi berbeda. Pedri lebih sering membantu serangan dengan torehan 5 gol dan 1 umpan gol musim ini.

Gavi? Dia lebih berperan sebagai distributor bola dengan torehan 2 gol dan 6 umpan gol musim ini.

”Gavi adalah aset bagi Barca dan penampilannya musim ini merepresentasikan kebanggaan La Masia. Melihat dia berkembang pesat musim ini adalah keajaiban,” kata Xavi kepada Diario AS.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini: