alexametrics

Jawaban Menohok Valencia Soal Logo Kelelawar yang Diprotes DC Comics

21 Maret 2019, 15:41:55 WIB

JawaPos.com – Konflik tak biasa antara klub sepak bola Spanyol, Valencia, dengan penerbit komik ternama asal Amerika Serikat, DC Comics, kembali terulang. Konflik tersebut terkait logo klub Valencia bergambar kelelawar. DC Comics lagi-lagi protes karena logo kelelawar Valencia dianggap menyerupai logo Batman, komik yang mereka rilis.

Sebelumnya pada 2014 silam, DC Comics juga telah melakukan protes terkait logo tersebut. DC Comics merasa gambar kelelawar telah mereka patenkan. Sehingga, mereka menilai Valencia telah melakukan pelanggaran hak paten. Namun, kala itu DC Comics hanya melakukan protes dan tak menggugat di pengadilan.

Kala itu, pihak Valencia merespons protes dari DC Comics. Mereka membeberkan fakta bahwa Valencia sejak berdiri pada 1919 silam telah menggunakan gambar kelelawar sebagai logo klub. Sementara itu, DC Comics sendiri baru berdiri pada 1934 dan karakter Batman, superhero dengan lambang kelelawar baru muncul pada 1939.

Jawaban Menohok Valencia Soal Logo Kelelawar yang Diprotes DC Comics
Lambang Kota Valencia terdapat gambar kelelawar (Wikipedia)

Setelah mereda, lima tahun berselang, DC Comics kembali melakukan protes yang sama terkait logo. Protes DC Comic berawal dari Valencia yang meluncurkan logo baru klub. Masih berbentuk kelelawar namun berwarna emas. Itu untuk menandai 100 tahun berdirinya Valencia pada 2019 ini. Ulang tahun satu abad memang sangat istimewa. Oleh karena itu, Valencia merilis logo spesial yang berbeda dari biasanya yakni kelelawar emas.

DC Comics sendiri protes karena logo ulang tahun ke-100 Valencia itu berbeda dengan logo klub sebelumnya. Logo tersebut hanya berupa gambar kelelawar berwarna emas tanpa perisai. Seperti diketahui, logo Valencia yang biasa digunakan adalah gambar kelelawar berwarna hitam dan terletak di dalam perisai.

Seperti dilansir media Spanyol, El Confidencial, pihak DC Comics dikabarkan sudah melaporkan ke Badan Properti Intelektual Eropa (EUIPO), badan yang mengurus persoalan hak cipta di Eropa. Tentunya, mereka melayangkan protes terkait logo anyar Valencia untuk memperingati 100 tahun berdirinya klub. Hanya saja, sampai saat ini pihak DC Comics belum ada indikasi untuk menggugat ke pengadilan.

Terlepas dari itu, Valencia yang kembali berurusan dengan DC Comics memberikan jawaban yang nyaris sama dengan 2014 lalu. Namun, kali ini lebih menohok dengan memberikan fakta bahwa terkait sejarah Kota Valencia. Selain itu, pihak Valencia juga menyindir DC Comics.

“Ketika tim ini (Valencia) sudah bermain dengan lambang kelelawar di dada, orang-orang di Amerika Serikat masih mengejar kerbau,” sebut pernyataan Valencia yang dilansir El Confidencial.

Tak hanya itu, pihak Valencia menegaskan tak akan mengganti logo kelelawar sampai kapanpun karena memang sudah ada sejak klub berdiri pada 1919 silam. “Kami tegaskan tak akan menghilangkan gambar kelelawar meski DC Comics memintanya. Tak ada yang memiliki hak sepenuhnya terkait gambar kelelawar di dunia ini,” imbuh pihak Valencia.

Pihak Valencia juga memaparkan sejarah kota. Kelelawar sudah menjadi lambang dari kota tersebut. Cerita bermula pada abad ke-13 saat Raja James membebaskan Valencia dari penguasaan orang Moors. Saat itu, Raja James memasuki Kota Valencia dan seekor kelelawar terbang tepat di hadapannya. Kemunculan kelelawar tersebut dianggap sebagai pertanda baik. Terlebih, Valencia terbebas dari penguasaan orang Moors. Berdasar itu, kelelawar kemudian tak lepas dari lambang Kota Valencia. Hal yang wajar juga klub dari kota tersebut yakni Valencia CF, menggunakan gambar kelelawar sebagai logo klub.

Editor : Edy Pramana

Copy Editor :

Jawaban Menohok Valencia Soal Logo Kelelawar yang Diprotes DC Comics