alexametrics
Liga Champions 2017-2018

Prediksi Sevilla vs Man United: Panggung Mourinho dan Sanchez

21 Februari 2018, 09:11:25 WIB

JawaPos.com – Duel Sevilla menjamu Manchester United pada leg pertama babak 16-besar Liga Champions, Kamis (22/2) dini hari WIB, bisa dibilang menjadi panggung Jose Mourinho dan Alexis Sanchez. Maklum saja, manajer serta striker Man United itu sudah cukup mengenal Sevilla dan Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Ini memang menjadi pertemuan pertama Man United dan Sevilla di pentas Eropa. Sebelumnya kedua tim tak pernah bentrok. Tapi, bagi Mourinho dan Sanchez, pertemuan dengan Sevilla bukan hal biasa.

Mou – sapaan akrab Mourinho, sudah 8 kali bersua Sevilla saat masih menukangi Real Madrid pada 2010-2013 silam. Menariknya, Mou punya memori indah setiap bersua Sevilla. Mou bersama Madrid mampu meraih 7 kemenangan dan hanya 1 kali kalah saat bertemu Sevilla.

Sevilla vs Manchester United, Liga Champions
Jose Mourinho meraih 7 kemenangan dan 1 kalah saat bertemu Sevilla. Semua dilakukan saat menukangi Real Madrid (AFP)

Hebatnya, 3 kemenangan di antaranya dibukukan Mou bersama Madrid di Ramon Sanchez Pizjuan. Dua di antaranya dengan skor mencolok dan sama yakni 6-2. Itu terjadi di pentas Divisi Primera 2010-2011 dan 2011-2012. Berdasar itu, Mou sudah terbiasa dengan atmosfer di Ramon Sanchez Pizjuan. Memori bersama Madrid akan dia tularkan ke Red Devils – julukan Man United, dengan harapan bisa mendapatkan hasil positif.

Sementara itu, Sanchez yang merupakan penyerang anyar dan didatangkan dari Arsenal, bakal menjalani debut di Liga Champions bersama Man United dalam laga nanti. Sebelumnya, bersama Arsenal dia tampil di Liga Europa sehingga bisa didaftarkan Man United untuk Liga Champions. Dalam aturan UEFA berbunyi, jika ada pemain baru sudah berpartisipasi di Liga Europa pada musim yang sama, hanya satu dari tiga pemain tersebut yang boleh didaftarkan. Man United memilih mendaftarkan Sanchez.

Bagi Sanchez, Sevilla juga bukan lawan yang asing. Saat masih memperkuat Barcelona, penyerang asal Cile itu sudah 5 kali bertemu Sevilla dan semuanya terjadi di pentas Divisi Primera. Dari lima perjumpaan itu, tiga di antaranya terjadi di Ramon Sanchez Pizjuan. Hebatnya, Sanchez selalu meraih kemenangan.

Penyerang pengguna nomor 7 ini mampu mencetak 2 gol ke gawang Sevilla. Satu di antaranya dia bukukan di Ramon Sanchez Pizjuan. So, Sanchez sudah terbiasa menang atas Sevilla dan khususnya di Ramon Sanchez Pizjuan.

Pengalaman Mou dan Sanchez dalam menghadapi Sevilla bakal sangat berguna bagi Man United dalam laga nanti. Terlebih, Mou dan Sanchez terbiasa dengan kemenangan di kandang Sevilla.

Meski begitu, Mou ogah meremehkan Sevilla yang kini ditukangi Vincenzo Montella. Menurutnya, Sevilla memiliki karakter berbeda saat ini yakni lebih disiplin dalam bertahan. Di Liga Champions musim ini, Sevilla belum pernah kalah di kandang.

“Sevilla akan menyulitkan dan kami tak boleh menganggap remeh mereka. Montella adalah pelatih asal Italia dan semua tahu karakter Italia adalah pertahanan yang tangguh. Saya rasa Sevilla akan sangat disiplin dalam bertahan dan itu menjadi pekerjaan rumah kami,” tutur Mou seperti dilansir Uefa.com.

Di sisi lain, Montella mengakui laga melawan Man United akan sangat berat. Maklum saja, selain keberadaan Mourinho, juga pemain-pemain bintang Red Devils. Bahkan, Montella berharap Paul Pogba dan Sanchez tak bermain karena dua pemain itu dinilainya paling berbahaya. Khusus Sanchez, Montella bercanda akan memberikan instruksi ke pemain untuk mencederainya.

“Untuk menghentikan Sanchez, bisa saja saya meminta pemain saya untuk menendangnya secara keras dan membuatnya cedera. Tapi, tentunya itu tak akan kami lakukan. Kami akan menghadapi mereka dengan kekuatan dan kualitas kami,” beber Montella.

So, patut dinanti apakah Mou dan Sanchez akan bertepuk tangan di Ramon Sanchez Pizjuan yang sudah seperti panggung mereka? Layak dinanti.

Data dan Fakta
– Ini untuk pertama kali Sevilla dan Man United bertemu di ajang resmi.
– Man United tak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam 14 laga Liga Champions melawan tim asal Spanyol.
– Sevilla lolos ke fase knock-out Liga Champions untuk keempat kalinya dalam 5 kesempatan. Namun, mereka tak pernah lolos ke perempat final.
– Sevilla selalu kebobolan dalam laga di fas knock-out Liga Champions.
– Sevilla cukup kuat di kandang dalam laga Liga Champions. Mereka meraih 13 kemenangan dalam 18 laga kandang atau mencapai 72%.
– Man United meraih 5 kemenangan di fase grup. Pencapaian terbaik sejak 2007-2008.
– Jose Mourinho berambisi menjadi pelatih pertama yang juara Liga Champions bersama tiga klub berbeda. Sebelumnya dia melakukannya bersama FC Porto dan Internazionale Milan.

Perkiraan Susunan Pemain
Sevilla: Rico; Navas, Mercado, Lenglet, Escudero; N’Zonzi, Banega; Muriel, Vazquez, Sarabia; Ben Yedder
Absen: Carrico, Kjaer (cedera)
Pelatih: Vincenzo Montella

Man United: De Gea; Valencia, Lindelof, Bailly, Young; Matic, Herrera; Lingard; Alexis Sanchez, Pogba; Lukaku
Absen: Rojo, Jones, Fellanini, Ibrahimovic (cedera)
Manajer: Jose Mourinho

Editor : Edy Pramana

Reporter : (epr/JPC)

Prediksi Sevilla vs Man United: Panggung Mourinho dan Sanchez