alexametrics
Serie A Italia

Juventus vs Bologna: Perjuangan sang Pelatih Menahan Rasa Sakit

19 Oktober 2019, 19:00:58 WIB

JawaPos.com – Awal musim yang berat bagi Maurizio Sarri dan Sinisa Mihajlovic. Bukan hanya karena Sarri memulai petualangan pertama bersama Juventus dan Miha menjalani musim penuh pertamanya di Bologna (bergabung pada 28 Januari), melainkan juga mereka harus bertarung dengan penyakit masing-masing.

Sarri yang divonis menderita pneumonia atau paru-paru basah dipaksa melewatkan dua laga pertama Juve di Serie A. Mister 33 –julukan Sarri– baru duduk di bench Juve saat menantang Fiorentina di Artemio Franchi (14/9).

Sementara itu, Miha malah sebulan absen karena fokus menjalani perawatan leukemia. Dia kembali saat menghadapi klub ketika memenangi Serie A pertamanya sebagai pemain, Lazio, pada giornata ketujuh (6/10). Total Miha sudah absen dalam lima laga. Empat di Serie A dan sekali dalam Coppa Italia melawan Pisa (19/8).

Dini hari nanti Sarri dan Miha saling berhadapan di Allianz Stadium dalam giornata kedelapan (siaran langsung beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB). Kedua pelatih pun sama-sama menunjukkan empati. ”Aku harap Miha duduk di bench-nya. Aku ingin melihatnya lagi,” ungkap Sarri dalam pre-match press conference di Vinovo tadi malam (18/10) di laman resmi klub.

Bagi Sarri, Miha bukan orang jauh. Makanya, Corriere dello Sport menyebut pertemuan Sarri dan Miha sebagai pertemuan dengan emosi yang unik. Selain senasib berjuang melawan sakit, mereka berteman akrab. Miha pernah menjadikan Sarri sebagai referensinya sebelum menukangi AC Milan pada musim 2015–2016.

Saat itu Sarri juga mulai menangani Napoli. Miha tertarik dengan style Sarri semasa menangani klub sebelumnya, Empoli. Bersama Sarri, Empoli promosi ke Serie A lagi setelah enam tahun. ”Dia sukses dengan filosofinya semasa di Napoli dan bisa memulai sesuatu yang tak kalah hebat di Juve,” ucap Miha yang berusia 50 tahun atau 10 tahun lebih muda ketimbang Sarri kepada Tuttomercatoweb.

Bermain di Turin juga tidak asing bagi Miha. Pelatih berkebangsaan Serbia itu pernah dua musim menangani Torino. ”Tapi, tentu tidak akan sama ceritanya dengan dua tahun lalu,” ucap Miha. Dua tahun lalu yang dimaksud Miha adalah pertemuan terakhir mereka. Kala itu Miha bersama Torino harus kalah 1-3 di kandang oleh Sarri dengan Napoli-nya.

Nostalgia momen dua tahun lalu juga bisa berbeda ceritanya jika cuaca di Turin dini hari nanti tidak bersahabat. Media-media Italia, khususnya media terbitan Turin, menyebutkan bahwa hujan diprediksi turun dini hari nanti. Bagi Miha, itu bisa menjadi masalah. Sebab, setelah menjalani kemoterapi, sistem kekebalan tubuhnya melemah. Nah, hujan membuatnya rentan terkena flu yang otomatis mengganggu imunnya. ”Semoga dia (Miha) tetap bersama kami besok (dini hari nanti, Red),” cuit akun Twitter resmi Bologna.

Meski sering absen mendampingi tim, Miha tidak pernah lepas fokus dengan sesi latihan Blerim Dzemaili dkk. Dia tetap mengontrol pemain dengan menggunakan teknologi videolink. Marco Di Vaio, kepala scouts Bologna, terkagum-kagum dengan semangat dan komitmen Miha bagi Rossoblu. ”Tidak mudah menjalani hari-harinya. Dengan efek yang telah dia berikan bagi klub, dia layak menjadi pelatih terbaik Serie A,” klaim mantan striker Juve itu seperti dilansir La Gazzetta dello Sport.

Di tempat terpisah, mantan Direktur Olahraga Empoli Marcello Carli menyebut sosok Sarri dan Miha sejatinya mempunyai karakter yang sama. Yaitu, keras dan tak mudah menyerah. Dia bisa tahu itu ketika menemani Sarri dan Miha makan malam di Empoli. ”Mereka banyak beradu argumen saat itu. Suaranya sama-sama lantang.” kenang Carli yang saat ini menjabat direktur olahraga Cagliari kepada Tuttosport.

Perkiraan Pemain

Juventus (4-3-1-2): 1-Szczesny (g); 16-Cuadrado, 19-Bonucci (c), 4-De Ligt, 12-Alex Sandro; 6-Khedira, 5-Pjanic, 14-Matuidi; 33-Bernardeschi; 21-Higuain, 7-Ronaldo
Pelatih: Maurizio Sarri

Bologna (4-2-3-1): 28-Skorupski (g); 15-Mbaye, 23-Danilo, 4-Denswil, 35-Dijks; 16-Poli, 31-Dzemaili (c); 7-Orsolini, 21-Soriano, 10-Sansone; 24-Palacio
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

Wasit: Massimiliano Irrati
Stadion: Allianz, Turin
Live: beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB

Asian Handicap 0:1¼

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads