alexametrics
La Liga Spanyol

Barcelona dan Real Madrid Tak Sepakati Venue, El Clasico Diundur

19 Oktober 2019, 10:00:20 WIB

JawaPos.com – Ketidaksepakatan terhadap pemindahan venue El Clasico pertama musim ini menemui babak baru. Komite Kompetisi La Liga akhirnya memutuskan duel FC Barcelona versus Real Madrid dalam jornada kesepuluh di Camp Nou pekan depan (26/10) ditunda.

Faktor keamanan jadi pertimbangan utama El Clasico edisi ke-276 itu tidak memungkinkan dihelat di kandang Barca. Situasi politik dan demo besar-besaran yang terjadi di Catalan saat ini adalah pemicunya. Sempat ada permintaan dari RFEF (PSSI-nya Spanyol) maupun Kementerian Olahraga Spanyol untuk memindahkan venue ke kandang Real, Estadio Santiago Bernabeu. Namun, Barca menolaknya.

Meski laga telah diputuskan diundur, hingga tadi malam belum ada keputusan lanjutan terkait jadwal baru. Hanya, sudah ada aturan di La Liga bahwa setiap pertandingan yang ditunda pada putaran pertama harus sudah dimainkan sebelum 17 Januari pada setiap musim.

Seperti dilansir EFE, Komite Kompetisi La Liga masih menunggu komunikasi antara Barca dan Real tentang jadwal pengganti. ”Deadline-nya sebelum Senin sore (21/10). Jika hingga hari itu belum ada tanggal baru, komite kompetisi akan menetapkannya sendiri,” tulis Football Espana.

Masih menurut Football Espana, ada dua opsi jadwal yang bisa dipertimbangkan. Yakni, 7 Desember yang notabene usulan dari otoritas La Liga dan 18 Desember yang disebut suara dari dua tim.

Untuk usulan 7 Desember, Barca-Real langsung menolak. Sebab, bakal ada penyesuaian lagi karena mepet dengan pertandingan kedua tim pada jornada ke-16. Yakni, Barca versus Real Mallorca dan Real kontra Espanyol yang sebelumnya diagendakan pada 8 Desember.

Di sisi lain, otoritas La Liga juga tidak sepakat dengan 18 Desember. ”Ada pertandingan Copa del Rey (babak 32 besar, Red) pada tanggal itu. Menempatkan El Clasico pada hari itu hanya akan memperburuk situasi,” kata Presiden La Liga Javier Tebas kepada EFE.

Handicap lainnya jika El Clasico dimainkan pada 18 Desember adalah rating televisi. Saat itu adalah Rabu malam waktu setempat. Jelas bukan waktu ideal untuk menggelar laga besar.

Ada opsi ketiga dengan memainkan El Clasico selayaknya Boxing Day ala Premier League. Apalagi, La Liga memasuki jeda kompetisi untuk libur Natal seusai jornada ke-17 yang dihelat 22 Desember. Masalahnya, menggelar laga di hari itu bukan hal lazim di Spanyol dan bisa memicu kontroversi baru.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads