alexametrics

FC Barcelona vs Cadiz CF: Jangan Jadikan Penonton Kambing Hitam

18 April 2022, 10:01:46 WIB

JawaPos.com  Disingkirkan Eintracht Frankfurt dalam perempat final Liga Europa tiga hari lalu (15/4) masih membuat kesal entrenador FC Barcelona Xavi Hernandez.

Bukan hanya karena telah memastikan Barca nirgelar musim ini. Melainkan juga insiden yang mewarnai kekalahan 2-3 Barca oleh Eintracht di Camp Nou.

”Semuanya sudah sangat buruk sejak kami meninggalkan hotel (menuju Camp Nou, Red). Mereka (suporter Eintracht, Red) melempari kami dengan benda-benda yang bisa dijangkau.”

”Kami merasa dirampok di rumah sendiri,” beber Xavi kepada Mundo Deportivo dalam pre-match press conference jornada ke-32 La Liga melawan Cadiz CF dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 1/Vidio/UseeTV GO pukul 02.00 WIB).

Ucapan pelatih 42 tahun itu merujuk pada kehadiran hingga 30 ribu pendukung Eintracht di Camp Nou. Kuota untuk pendukung klub asal Bundesliga itu semestinya hanya 5 ribu tiket.

Ternyata, 25 ribu tiket lainnya berasal dari sebagian Barcelonista yang menjual tiketnya kepada pendukung Eintracht.

Juga agresifnya pendukung Eintracht menyasar tiket penonton netral. Xavi sampai menyebut Camp Nou terasa menjadi ministadium bagi Eintracht.

Hal tersebut diyakini tidak terulang saat Barca menjamu Cadiz CF dini hari nanti.

Selain memulihkan kembali reputasi Camp Nou sebagai stadion angker bagi tim tamu, Xavi tidak ingin Sergio Busquets dkk terpeleset di kandang sendiri selama sisa musim ini.

”Target kami adalah finis empat besar. Itu harga mati. Salah satu kuncinya adalah memenangi semua sisa laga di Camp Nou,” tutur Xavi.

Musim ini, dari 14 laga La Liga di Camp Nou, Barca menorehkan empat kali kegagalan meraih hasil absolut (2 seri dan 2 kalah).

Tapi, hanya satu yang terjadi di era Xavi atau ketika dipermalukan Real Betis 0-1 pada jornada ke-16 (5/12/2021).

Entah karena performa Barca yang sempat drop sebelum ditangani Xavi, Camp Nou memang tidak pernah penuh di La Liga musim ini.

Laga dengan penonton terbanyak adalah El Clasico pada jornada kesepuluh (25/10/2021) dengan 86.422 penonton. Seperti diketahui, kapasitas Camp Nou bisa sampai 99 ribu penonton.

Laga melawan klub-klub papan atas lainnya kurang dari 80 ribu penonton, tapi masih di atas 70 ribu penonton. Contohnya melawan Sevilla dua pekan lalu (4/4) dengan 76.112 penonton.

Menghadapi Cadiz CF yang notabene klub di zona degradasi (peringkat ke-18), jumlah penonton di Camp Nou bisa jadi hanya di kisaran 30 ribu.

Jumlah itu hanya lebih baik ketika angka kasus Covid-19 masih tinggi di Spanyol. Kondisi itu memunculkan regulasi keterisian stadion hanya 30 persen. Alhasil, tiga bulan awal La Liga, Camp Nou diisi penonton di bawah 30 ribu.

”Kami tidak bermaksud menyalahkan siapa pun. Tetapi, setelah apa yang terjadi pertengahan pekan lalu (melawan Eintracht, Red), kami membutuhkan para pendukung kami kembali berdatangan ke Camp Nou,” ujar Ferran Torres, wide attacker Barca, kepada Barca Universal.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini: