alexametrics
Kualifikasi Euro 2020

#PukkiParty Bawa Finlandia Lolos Kali Pertama ke Euro Selama 112 Tahun

17 November 2019, 08:00:27 WIB

JawaPos.com – Tagar #PukkiParty menghiasi hampir semua akun media sosial orang di Finlandia. Tagar tersebut menjadi viral. Sebab, kali pertama dalam 112 tahun sejarah sepak bola Finlandia, tim berjuluk Huuhkajat itu lolos ke turnamen mayor. Yakni, Euro 2020.

Kemarin (16/11) di Telia 5G-areena, Finlandia menang 3-0 atas Liechtenstein. Tiga poin tersebut membawa Finlandia lolos menemani Italia yang sudah memastikan tiket tampil di Euro 2020 pada 12 Oktober lalu.
Penyerang Norwich Teemu Pukki menjadi pahlawan Finlandia dengan dua golnya. Masing-masing pada menit ke-64 (penalti) dan 75. Satu gol lainnya disumbangkan Jasse Tuominen (21’).

’’Tak ada yang bisa menggambarkan betapa bergembiranya saya saat ini. Kami mendapatkan momentum paling berbahagia dan kami akan berselebrasi atas apa yang telah kami dapatkan,’’ kata Pukki sebagaimana dikutip BBC.

Kelolosan Finlandia di Euro 2020 ini mengingatkan apa yang dilakukan negara lain di kawasan Nordik empat tahun lalu. Yakni Islandia. Ya, Islandia lolos ke Euro 2016. Itu merupakan partisipasi perdana Islandia di turnamen mayor.

Apa resep kelolosan Finlandia? Menurut jurnalis majalah olahraga Finlanida Topias Kauhala, sebagian besar skuad Finlandia saat ini merupakan jebolan tim Finlandia U-21. Mereka bermain di Euro U-21 2009 di Swedia. Dari skuad saat ini, terdapat 12 nama mantan pemain Finlandia U-21.

Kapten Finlandia Tim Sparv mengatakan, dalam skuad saat ini memang tak ada lagi nama sebesar Jari Litmanen, Sami Hyppia, Jussi Jääskeläinen, Antti Niemi, Hannu Tihinen, dan Mikael Forssel. Namun, justru kekuatan kolektif membuat mereka kuat dan lolos kali pertama ke Euro.

’’Tanpa sosok yang menonjol dalam tim, malah mudah buat kami untuk menentukan tugas dan tanggung jawab di lapangan. Kami semua berusaha memberikan bola kepada Teemu (Pukki) untuk dijadikan gol,’’ tutur Sparv kepada The Guardian.

Perdana Menteri Finlandia Annti Rinne pun meluapkan ekspresinya di Twitter. ’’Performa yang luar biasa. Selamat dan terima kasih untuk sejarah ini! Oh Finlandia, oh Finlandia, oh Finlandia, akhirnya tim sepak bola pria kami ada di sebuah turnamen sepak bola,’’ tulis Rinne.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads