alexametrics
Premier League

Jose Mourinho: Manchester City B Mampu Bersaing Jadi Juara

17 Agustus 2019, 18:15:55 WIB

JawaPos.com – Jawaban Jose Mourinho saat ditanya tentang calon juara Premier League 2019–2020 pekan lalu masih jadi pembicaraan hangat. Mourinho yang kala itu menjadi pundit Sky Sports menyebut empat tim kandidat. Yakni, Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Manchester City B.

’’City B adalah para pemain yang tidak terlibat (sebagai starter) hari ini (saat melawan West Ham, 10/8, Red). Saya rasa City B mampu bersaing dan kompetitif untuk merebut titel,” kata Mourinho.

Yang diucapkan Mourinho memang tak berlebihan. Lihat saja tujuh pemain cadangan City ketika menang 5-0 atas West Ham. Mulai Claudio Bravo di posisi kiper hingga bek kanan Joao Cancelo dan bek tenang Nicolas Otamendi. Disusul Phil Foden, Ilkay Guendogan, dan Bernardo Silva di lini tengah serta bomber Sergio Aguero. Itu belum termasuk Leroy Sane dan Benjamin Mendy yang cedera serta Fernandinho yang tidak masuk line up.

Misalnya, yang diungkapkan pelatih City Pep Guardiola kepada teamTalk kemarin WIB (16/8), City B bakal dinamis. Artinya, dengan skuad yang memiliki kedalaman bagus, persoalan siapa yang main atau tidak main bukan lagi sekadar pertimbangan strategi, melainkan juga bisa yang fit dan lebih fit. Sesimpel itu. ”Itulah yang akan terjadi di setiap pekan. Untuk besok (melawan Spurs, Red), ketika ada pemain yang lebih fit, yang lain harus rela tidak bermain sejak awal,” terangnya.

Pep pun memberikan kredit besar untuk Direktur Sepak Bola City Txiki Begiristain karena memberinya skuad yang sangat bagus. ’’Txiki melakukan pekerjaan yang luar biasa. Dengan jarak kemampuan antarindividu yang tak berbeda jauh, tim ini membentuk atmosfer kompetisi yang sehat,” jelasnya.

Persaingan lini serang, misalnya. Aguero kini tak bisa mengklaim sebagai pilihan utama karena Gabriel Jesus menemukan konfidensi yang lebih baik selepas Copa America 2019 di Brasil bulan lalu. Selain mengantarkan Brasil jadi juara, Jesus mencetak gol vital di semifinal dan final.

Meski begitu, faktor sejarah dan pengalaman mungkin membuat Pep bakal memberikan starting XI kepada Aguero malam ini. Sebab, Aguero tengah memburu rekor gol Alan Shearer sebagai pencetak gol kandang tersubur di Premier League. Jika Shearer mencetak 97 gol di St James’ Park, kandang Newcastle United, Aguero sudah mencetak 96 gol di Etihad Stadium.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads