alexametrics

Southampton FC vs Liverpool FC: Sepertinya Sulit Penuhi Permintaan Pep

17 Mei 2022, 09:18:29 WIB

JawaPos.com  ”Tolong kalahkan Liverpool 4-0!” Begitulah permintaan penuh canda dari Pep Guardiola untuk Southampton FC yang akan menghadapi Liverpool FC di St Mary’s dini hari nanti (siaran langsung Mola TV pukul 01.45 WIB).

Pep mengungkapkannya setelah tim asuhannya, Manchester City, ditahan seri 2-2 oleh West Ham United pada Minggu (15/5) malam.

Kalau Soton –sebutan Southampton FC– mampu mengalahkan LFC, persaingan juara Premier League musim ini otomatis berakhir.

City yang saat ini unggul empat poin (90-86) atas LFC akan menahbiskan gelar Premier League keempat dalam lima musim terakhir.

Matchweek pemungkas menjamu Aston Villa di Etihad Stadium (22/5) praktis sekadar seremoni juara.

Sebaliknya, bagi LFC, mengalahkan Soton, lalu Wolverhampton Wanderers di Anfield (22/5), adalah keharusan untuk bersaing dengan City.

Kalau ingin juara, The Reds juga masih perlu berharap The Citizens selip saat menghadapi Villa yang notabene asuhan mantan kapten LFC Steven Gerrard.

Tantangan bagi LFC bertambah karena Jordan Henderson dkk baru menjalani final Piala FA yang menguras fisik dua hari lalu (15/5).

Skuad Jurgen Klopp tersebut harus menjalani adu penalti untuk mengalahkan Chelsea 6-5. Itu masih ditambah cedera yang dialami wide attacker Mohamed Salah dan bek tengah Virgil van Dijk dalam laga di Wembley Stadium tersebut.

Gelandang bertahan Fabinho juga masih dilematis untuk dimainkan pascacedera karena bisa mengancam partisipasinya dalam final Liga Champions kontra Real Madrid (29/5).

”Coba bayangkan, kami ke sana (melawan Southampton FC, Red) dengan delapan pemain yang baru saja menjalani 120 menit pertandingan, lalu adu penalti.”

”Tidak masuk akal. Apalagi, lawan kami dalam kondisi segar bugar,” ucap Klopp kepada Liverpool Echo.

Menilik LFC musim ini memiliki kedalaman skuad yang bagus, Klopp semestinya tidak susah meracik starting XI tetap kompetitif.

Dengan absennya Salah, misalnya, masih ada Diogo Jota yang mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 atas Soton di Anfield pada matchweek ke-13 (27/11/2021).

Begitu juga kehilangan Van Dijk di jantung pertahanan yang bisa ditutup oleh duet Joel Matip-Ibrahima Konate.

Di sisi lain, kans Soton memenuhi permintaan Pep sepertinya memang sulit untuk dipenuhi. Tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu tidak hanya dalam tren buruk alias hanya sekali menang dalam sepuluh matchweek terakhir.

Soton juga sudah tidak memiliki kepentingan di sisa musim ini. James Ward-Prowse dkk sudah aman dari ancaman degradasi.

Kalaupun ada motivasi dari Soton adalah menghibur fans mereka dalam laga kandang terakhir musim ini.

Kecuali Chelsea yang menang 6-0 (9/4), tim papan atas seperti City, Tottenham Hotspur, Manchester United, dan West Ham hanya pulang dengan hasil seri di St Mary’s. Arsenal malah menyerah 0-1 (17/4).

”Kami ingin sekali lagi membuktikan bisa kompetitif ketika melawan tim top,” ucap Hasenhuttl kepada BBC Sport.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c9/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads