Peran Baru Lewandowksi: Main di Belakang Nomor Sembilan

16 November 2022, 14:43:47 WIB

JawaPos.com – Turnamen mayor bisa mengubah wajah Robert Lewandowski. Dari bomber ganas di level klub berubah bak peluru kosong begitu memperkuat timnas Polandia.

Dua kali turun di Euro (2016 dan 2020), striker yang akrab disapa Lewy itu hanya mampu mengoleksi dua gol.

Begitu pula halnya ketika membela Orly atau Si Elang –julukan timnas Polandia– di Piala Dunia 2018. Pemain terbaik dunia sekaligus peraih Sepatu Emas Eropa dua edisi terakhir itu pulang dari Rusia dengan mandul.

Tahun ini Lewy kembali berkesempatan menjalani turnamen mayor, Piala Dunia Qatar. Seolah berkaca dari cerita sebelumnya, striker 34 tahun tersebut mengaku akan mengubah perannya dalam permainan Orly.

Bukan lagi sebagai target man seperti peran bersama Bayern Munchen dan FC Barcelona. Melainkan peran yang lebih banyak terlibat dalam permainan.

Dalam beberapa laga terakhir Polandia, pelatih Czeslaw Michniewicz menempatkan Lewy di belakang nomor 9 atau striker Orly lainnya. Antara Arkadiusz Milik (Juventus), Krzysztof Piatek (US Salernitana), atau Karol Swiderski (Charlotte FC).

”Aku mencoba membuat tim kami bermain lebih kolektif. Tujuannya agar kami bisa menciptakan lebih banyak peluang, lebih banyak kesempatan membobol gawang lawan,” tutur Lewy kepada Gol24.

Taktik tersebut sekaligus upaya mengecoh lawan yang sudah banyak mempelajari permainan Lewy. Sehingga punya cara untuk meredam striker dengan 134 caps dan 76 gol itu.

Kemampuan Lewy terlibat dalam permainan diakui Michniewicz membantu tugas gelandang seperti Piotr Zielinski yang musim ini tengah moncer permainannya bersama SSC Napoli.

 

 

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c9/dns

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads