alexametrics
EURO 2020

Italia Masih Sulit Dibobol

Oleh BEJO SUGIANTORO*
16 Juni 2021, 13:54:33 WIB

BICARA soal Italia tentu tak akan pernah lepas dari pertahanan solid. Buktinya, pada sembilan pertandingan terakhir, termasuk laga perdana di Euro 2020 melawan Turki, gawang skuad berjuluk Azzurri itu belum pernah kebobolan.

Semua tahu Italia dulu dikenal dengan sistem gerendel atau catenaccio. Pertahanan yang solid memang sudah menjadi akar sepak bola di sana. Saya ingat betul ketika dikirim ke Italia bersama timnas Primavera pada tahun ’90-an, kami semua diajari cara bertahan. Pendek merapat. Sepak bola yang mengedepankan bertahan dulu, baru menyerang.

Setelah mengerti cara bertahan pendek merapat, kami baru diajari cara menyerang. Yaitu, melalui serangan balik cepat. Itu yang kemudian membuat banyak tim Italia saat itu sangat luar biasa ketika melakukan serangan balik.

Tapi, berkaca pada era sekarang, sepak bola Italia juga berkembang. Walau pertahanan tetap pendek merapat, bicara soal menyerang, banyak tim dari Negeri Pizza itu yang sudah memakai kombinasi penyerangan yang bagus.

Itu yang saya lihat ketika Italia menang melawan Turki. Zona marking seperti yang saya pelajari dulu di Italia masih ada. Walau Roberto Mancini bisa dikatakan pelatih modern, ciri khas tidak dihilangkan.

Ketika diserang, zona marking langsung diterapkan. Ketika masuk ke sisi pertahanan, lini belakang Italia langsung melakukan pressing. Tanpa kompromi dan disiplin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c19/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads