alexametrics
Grup C

Prediksi Prancis vs Australia: Ujian Kepantasan Trisula Les Bleus

16 Juni 2018, 08:10:16 WIB

JawaPos.com – Memiliki barisan penyerang berkualitas menjadi hal yang menyenangkan bagi pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Terlebih, dari 4 penyerang yang dibawa ke Rusia, 3 di antaranya bisa bermain dalam posisi berbeda. Keempatnya bisa saling mendukung dan mengisi posisi rekannya di atas lapangan.

Deschamps punya dua pemain yang bisa dimainkan sebagai ujung tombak. Yaitu Olivier Giroud dan Antoine Griezmann. Sementara Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele mendapat bagian menyerang dari sektor sayap. Meski demikian, Grieezmann pun bisa diplot sebagai penyerang sayap. Menyesuaikan dengan strategi yang diterapkan.

Memaksimalkan sektor penyerangan menjadi fokus dari strategi Deschamps saat bertemu Australia di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6) petang ini. Eks kapten Les Bleus di Piala Dunia 1998 itu sadar kalau the Socceroos juga enggan tampil bertahan di bawah besutan pelatih asal Belanda, Ber van Marwijk.

prancis vs australia
Kylian Mbappe dan Ousmane Dembela, duo winger muda yang jadi tumpuan Prancis. (AFP)

“Mereka (Australia) tim yang agresif, dengan potensi menyerang yang besar. Pertahanan mereka juga tertata dengan baik, meski tidak suka bermain bertahan. Pelatih baru Australia membangun pertahanan yang baik karena banyak melakukan serangan. Kadang mereka menjadi terlihat tidak seimbang,” ucap Deschamps.

Pelatih Australia, Bert van Marwijk pun menyadari, laga kontra Prancis ini tidak akan berlangsung mudah. Menurut Van Marwjik, Prancis punya banyak ‘senjata’ yang bisa digunakan untuk membuat Australia kesulitan.

“Ini adalah sebuah grup neraka di Piala Dunia. Terutama karena ada Prancis. Kami melihat permainan mereka melawan Kolombia, Prancis punya tim yang sangat baik dan punya kesempatan besar untuk memenangkan Piala Dunia,” ucap Van Marwijk.

Selain itu, menurut Van Marwijk, Prancis didukung oleh pemain-pemain cepat dan kreatif. Kemampuan fisik skuad Les Bleus pun cukup mumpuni. Bahkan secara khusus, Van Marwijk mencermati Kylian Mbappe yang dinilai berpotensi menjadi pembeda di laga kali ini.

“Prancis punya banyak senjata, tapi tidak berarti Anda tidak dapat meraih hasil positif saat bertemu mereka,” tegas Van Marwjik.

Pertemuan antara dua tim dengan karakter menyerang ini menjanjikan sebuah laga yang menarik. Prancis yang memiliki banyak darah muda di dalam skuadnya tak ingin pengalaman pertama di Piala Dunia berakhir menyakitkan. Sementara, Australia pun tak mau mengulang kegagalan setiap kali melakoni laga pertama di dua edisi Piala Dunia sebelumnya.

Pertemuan Terakhir
26/05/94: Australia 0-1 Prancis
01/06/01: Australia 1-0 Prancis
11/11/01: Australia 1-1 Prancis
11/10/13: Prancis 6-0 Australia

5 Pertandingan Terakhir Prancis
10/06/18: Prancis 1-1 Amerika Serikat
02/06/18: Prancis 3-1 Italia
29/05/18: Prancis 2-0 Republik Irlandia
27/03/18: Rusia 1-3 Prancis
24/03/18: Prancis 2-3 Kolombia

5 Pertandingan Terakhir Australia
09/06/18: Hongaria 1-2 Australia
01/06/18: Australia 4-0 Republik Ceko
28/03/18: Kolombia 0-0 Australia
24/03/18: Norwegia 4-1 Australia
15/11/17: Australia 3-1 Honduras

Perkiraan Susunan Pemain

Prancis (4-3-2-1): Hugo Lloris, Benjamin Mendy, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard, Blaise Matuidi, N’Golo Kante, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud
Pelatih: Didier Deschamps

Australia (4-2-3-1): Mathew Ryan, Aziz Behich, Trent Sainsbury, Mark Milligan, Josh Risdon, Aaron Mooy, Mile Jedinak, Massimo Luongo, Robbie Kruse, Andrew Nabbout, Mathew Leckie
Pelatih: Bert van Marwijk

Wasit: Andres Cunha (Uruguay)
Stadion: Kazan Arena, Kazan

Prediksi JawaPos.com:
Prancis menang: 50%
Australia menang: 40%
Seri: 10%

Editor : Edy Pramana

Reporter : (adw/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Prediksi Prancis vs Australia: Ujian Kepantasan Trisula Les Bleus