alexametrics
Premier League

Ke mana Mikel Arteta Berlabuh, Pilih Latih Arsenal atau Everton?

15 Desember 2019, 08:30:26 WIB

JawaPos.com – Dua klub Premier League hingga kemarin (14/12) memiliki dua pelatih dengan status interim. Yakni, Freddie Ljungberg di kubu Arsenal dan Duncan Ferguson yang untuk sementara diserahi menangani Everton.

Berbagai nama berseliweran untuk menjadi kandidat pelatih kedua tim. Mulai eks allenatore Napoli Carlo Ancelotti, pelatih Wolverhampton Nuno Espirito Santo, pelatih Girondins Bordeaux Paulo Sousa, eks pelatih Valencia Marcelino Garcia Torral, sampai mantan pelatih Manchester United David Moyes.

Namun, sebagaimana ditulis Manchester Evening News, asisten pelatih City Mikel Arteta punya modal untuk melatih satu di antara dua tim yang saat ini dilatih interim. Kebetulan kedua tim punya ikatan emosional dengan Arteta.

Sebelum jadi tangan kanan pelatih City Pep Guardiola, pria 37 tahun itu membela Arsenal selama lima tahun (2011–2016). Arteta juga pernah bergabung dengan Everton selama enam tahun (2005–2011).

Lalu, bagaimana respons Guardiola ketika asistennya diminati klub lain? Guardiola mengatakan dengan senang hati melepasnya. ’’Klub biasanya berpandangan akan memilih seseorang yang pernah berada di klub tersebut untuk periode yang lama. Mikel (Arteta) memahami atmosfer tim, suporter, sampai filosofi tim,’’ kata Guardiola memberikan testimoni buat Arteta.

Sementara itu, sebagaimana diberitakan Marca, eks pelatih Arsenal Unai Emery akhirnya buka suara tentang hari-harinya setelah meninggalkan Arsenal pada 29 November lalu. Pelatih berusia 48 tahun itu memilih istirahat di Spanyol. ’’Emery baru saja menolak tawaran klub Inggris, yakni Everton, serta dua klub Tiongkok yang menawarinya gaji besar. Emery sepertinya akan menunggu sampai awal musim sebelum mengambil keputusan,’’ tulis Marca.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads