alexametrics
Premier League

Klopp Akhirnya Rotasi Henderson dan Firmino Demi Tantang Napoli

15 September 2019, 10:00:39 WIB

JawaPos.com – Dibandingkan dengan tiga wakil Inggris di Liga Champions, Liverpool yang paling minim dalam merotasi starting eleven-nya. Sampai matchweek keempat, der trainer Liverpool Juergen Klopp hanya tiga kali mengutak-atik komposisi starternya. Lihat Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea yang selalu mengubah susunan starternya dalam empat matchweek.

Tadi malam Klopp baru mengubah komposisi starternya lagi. Jordan Henderson dan Roberto Firmino jadi ”korban” pertama rotasi Klopp sebelum mengarungi Liga Champions tengah pekan ini. The Reds –julukan Liverpool– bertandang ke San Paolo, markas Napoli (18/9). Termasuk laga tersebut, Liverpool dihadapkan pada empat laga tandang dalam waktu sepuluh hari.

Setelah dari Naples, Henderson dkk bertamu ke markas Chelsea pada matchweek kelima (22/9). Lalu, menantang MK Dons dalam putaran ketiga Piala Liga (26/9) dan ditutup kunjungan ke Bramall Lane (markas Sheffield United) pada matchweek keenam (28/9). Bagi Bobby –sapaan karib Firmino– baru tadi malam dia main sebagai pengganti musim ini.

Dia masuk pada menit ke-37 menggantikan Divock Origi yang mengalami cedera engkel kiri. ”Baik Hendo (sapaan akrab Henderson) maupun Bobby sama-sama siap jadi starter. Tetapi, ini bukan siap tidak siap. Ada sesuatu yang besar dan kami harus memikirkannya,” ucap Klopp kepada BT Sport sebelum laga.

Apalagi, stamina Firmino juga terkuras selama jeda internasional kemarin. Dia selalu jadi pilihan utama treinador Brasil Tite dalam dua laga Selecao, julukan Brasil. Melawan Kolombia (7/9) dan Peru (11/9). ”Sementara masih banyak laga lainnya yang harus kami jalani,” sambung Kloppo, sapaan akrab Klopp.

Harapannya, begitu memulai fase grup Liga Champions, trio lini depan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Firmino masih fresh. ”Kami berharap selalu dapat menurunkan starting eleven terbaik tiap laga,” papar pelatih yang baru musim lalu menggenggam Si Kuping Lebar –sebutan trofi Liga Champions– itu.

Setelah Firmino absen dari starting eleven Liverpool, cuma tersisa lima pemain yang tak tergantikan. Dimulai dari trio lini belakang Trent Alexander-Arnold, Andy Robertson, dan Virgil van Dijk, lalu gelandang Georginio Wijnaldum, serta Salah. ”Gini (panggilan akrab Wijnaldum) selalu mampu mempertahankan kecepatan larinya. Dia seperti lari berburu Pokemon,” sebut Liverpool Echo dalam artikelnya tentang Wijnaldum.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads