alexametrics
Premier League

3 Liverpool vs Newcastle United 1: Aksi Hebat Dua Sahabat

15 September 2019, 09:00:32 WIB

JawaPos.com – Mohamed Salah telah menunjukkan kalau dia tak punya masalah pribadi dengan Sadio Mane. Itu dia tunjukkan lewat video editan yang diunggah melalui akun Twitter-nya @MoSalah. Video itu muncul beberapa jam sebelum kick off laga menjamu Newcastle United di Anfield, tadi malam WIB.

Ya, dalam video berdurasi 23 detik itu, ada dua anak kecil yang berlari saling berpelukan. Salah mengganti wajah dua anak kecil tersebut dengan wajahnya dan Mane. Dari kejauhan, ada sosok berwajah pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tersenyum melihat dua anak kecil itu berpelukan.

Salah ingin menunjukkan kalau persahabatannya dengan Mane yang terjalin sejak 2017 masih baik-baik saja. Itu setelah muncul spekulasi yang menyebut pertemanan dua pemain dari Afrika itu mengalami keretakan. Tepatnya setelah insiden di Turf Moor, markas Burnley (31/8). Ketika itu, Mane dilaporkan marah-marah di bench setelah tidak diumpani Salah.

Nah, Salah meneruskan pembuktiannya saat mengantarkan The Reds, julukan Liverpool, mengalahkan Newcastle United 3-1 (2-1). Dua sahabat tersebut memborong tiga gol Liverpool. Mane dengan dua gol masing-masing dicetak ketika menit ke-28 dan 40. Dua gol yang jadi titik balik Virgil van Dijk dkk setelah dikejutkan gol Jetro Willems pada tujuh menit pertama.

Dan, pada menit ke-72 Salah pun mengikuti jejak Mane menjebol gawang The Magpies, julukan Newcastle. ”Itu karena mereka (Salah dan Mane) tahu, Liverpool lebih dari segalanya,” sebut Van Dijk, kepada BT Sport. Memang, tak ada umpan langsung di balik dua gol Mane dari Salah. Begitu pula sebaliknya.

Gol Supermane, julukan Mane, didapat lewat assists Andy Robertson. Sementara assists Roberto Firmino ada di balik gol Salah. Tetapi, ada passing kunci Salah dalam build up di balik gol-gol Mane. ”Mereka bereaksi dengan cara yang tepat. Kemenangan yang indah,” lanjut VvD, akronim nama Van Dijk.

Lebih spesial, dua sahabat ini juga mencatat rekor-rekor bagus tadi malam. Bagi Mane, dia mencatat 50 kali unbeaten dalam laga Premier League di Anfield dengan Liverpool. Bersamanya, Liverpool menang 40 kali dan sisanya imbang di Anfield. Semasa masih membela Southampton, dia juga sekali imbang di Anfield.

Sementara, Salah menyamai rekor eks bomber Liverpool Michael Owen pada 1998. Saat itu, Owen juga selalu menjebol gawang Newcastle dari empat kali head to head di Premier League. Bedanya, Owen mendulang delapan gol dalam empat duel melawan Newcastle beruntun. Salah hanya empat gol dari enam laga melawan Toon Army, julukan lain Newcastle.

Satu-satunya yang gagal terjadi adalah hat-trick Mane. Golnya saat menit ke-89 dianulir wasit Andre Marriner. Alasannya, sebelum gol itu terjadi Firmino telah lebih dulu terperangkap offside. Padahal, jika gol itu sah, maka itu bakal jadi hat-trick pertama Mane di Premier League bagi Liverpool.

Dalam situs resmi klub, Klopp menyebut performa timnya akan mendapat efek positif saat situasi ruang ganti kembali mendingin. Itu terkait persahabatan Salah-Mane. ”Kemampuan Sadio yang bisa main di kedua sisi sangat penting. Dia pun menunjang permainan dua rekannya (Salah dan Firmino),” puji Klopp yang juga mencatat streak 21 laga unbeaten Premier League.

Satu yang jadi pekerjaan rumah Klopp, mengubah reaksi pemainnya. Termasuk trio Salah, Mane dan Firmino agar lebih cepat bereaksi. ”Bukan lagi perlu 20 sampai 25 menit agar dapat tune in dengan atmosfer laga,” harapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads