alexametrics

Kolom Pelatih Arema Eduardo Almedia: Portugal Tak Hanya Punya Ronaldo

15 Juni 2021, 19:32:13 WIB

JawaPos.com-Berapa orang yang menjagokan Portugal pada Euro 2016? Saya rasa kok sedikit. Selain warga Portugal, mungkin tidak ada yang meyakini negara saya ini bisa jadi kampiun.

Tapi, Portugal akhirnya keluar sebagai juara. Bagaimana dengan Euro 2020? Saya yakin Portugal masih bisa berbicara banyak. Syukur-syukur bisa mengulang kesuksesan lima tahun lalu.

Rintangan pertama adalah menghadapi Hungaria. Bagi saya, Portugal tidak akan mengalami kesulitan. Laga ini akan dilalui dengan mudah. Kemudian, Selecao das Quinas mampu meraih tiga poin. Berapa skornya? Dua gol tanpa balas untuk kemenangan Portugal. Semoga tebakan saya benar.

Saya sangat yakin dengan timnas negara saya. Pertama, kami masih memiliki Cristiano Ronaldo. Dia adalah kapten, sekaligus simbol sepak bola Portugal. Dia juga merupakan sosok pemimpin di dalam dan luar lapangan.

Pembimbing bagi pemain-pemain lain. Saya yakin dia akan mencetak gol. Malah, saya yakin dia segera memecahkan rekor Ali Daei. Itu, pencetak gol terbanyak untuk timnas dengan 109 gol.

Ronaldo butuh enam gol lagi untuk melewati rekor pemain Iran tersebut. Apakah bisa terwujud di Euro 2020? Saya rasa sangat sulit. Tapi, apa sih yang mustahil bagi Ronaldo? Semua saja bisa terjadi.

Tapi, bagi saya, Portugal bukan hanya Ronaldo. Mereka adalah satu kesatuan yang kuat. Jika sudah bermain di dalam lapangan, semua pemain adalah satu. Mereka adalah tim dan harus bahu-membahu. Bukan bermain dengan cara individu.

Secara keseluruhan, saya yakin dengan tim ini. Sebab, kualitas pemain tidak mengalami banyak perubahan. Saya melihat kualitas pemain setara dengan tim yang membawa Portugal juara Euro 2016.

Bahkan, sekarang ada Bruno Fernandes yang bisa menjadi kreator di lini tengah. Kita lihat saja nanti.

*Eduardo Almedia, pelatih Arema FC asal Portugal, pernah menangani skuad junior Benfica

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads