alexametrics
EURO 2020

Regenerasi Spanyol Bakal Beri Bukti

Oleh ARTHUR IRAWAN*
14 Juni 2021, 11:39:06 WIB

SAYA sempat kaget ketika melihat daftar nama pemain Spanyol untuk Euro 2020 kali ini. Tidak ada satu pun pemain Real Madrid di dalamnya. Tapi, saya juga mengerti mengapa itu terjadi.

Ada banyak pemain muda Spanyol yang berkarier di Real Madrid yang tidak banyak mendapat menit bermain. Kita tahu Real Madrid memang dipenuhi bintang dari seluruh dunia.

Tapi, ini juga langkah regenerasi yang menarik. Toh meski tanpa satu pemain pun dari klub raksasanya, skuad Spanyol penuh pemain muda yang berkualitas.

Meski demikian, untuk pertandingan pertama melawan Swedia, masih sulit ditebak bagaimana penampilan anak-anak muda Spanyol. Laga pertama selalu punya tekanannya sendiri. Apa saja bisa terjadi.

Tapi, saya masih cukup yakin Spanyol bakal menang. Pemain-pemain yang memiliki pengalaman dan skill mumpuni seperti Thiago Alcantara serta daya dobrak duet penyerang Gerard Moreno-Alvaro Morata bisa jadi penentu.

Thiago akan berperan mengatur tempo pertandingan. Sedangkan Moreno yang bertipe goal poacher punya pergerakan sangat bagus.

Di skuad Spanyol saat ini, saya juga suka bek kiri mereka, Jose Gaya. Dia tipikal modern wing back dengan kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Baca juga: Sepotong Bendera untuk Eriksen

Kebetulan, saya juga sempat main lawan Gaya saat dia berkostum Valencia B dan saya mengenakan jersey RCD Espanyol B pada 2011. Jadi, saya tahu kemampuan dia.

*) ARTHUR IRAWAN: Bek PS Sleman, pernah bermain di Espanyol dan Malaga

**) Seperti disampaikan kepada wartawan Jawa Pos Rizky Ahmad Fauzi

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c17/ttg

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads