alexametrics
Euro 2020

Dua Supersub Antar Austria Petik Kemenangan Bersejarah di Ajang Euro

Austria 3-1 Makedonia Utara
14 Juni 2021, 05:02:34 WIB

JawaPos.com – Austria mencatat kemenangan 3-1 atas Makedonia Utara pada Minggu (13/6) malam WIB di Grup C Euro 2020. Bagi Austria, itu menjadi kemenangan bersejarah di pentas Piala Eropa. Pasalnya, untuk pertama kali Austria mampu meraih kemenangan dalam laga di Piala Eropa yang mereka ikuti.

Sebelumnya, pada Euro 2008 dan Euro 2016, Austria mampu tampil di babak utama. Namun, dari dua kesempatan itu, mereka tak pernah memetik kemenangan. Pada Euro 2008, Austria yang menjadi tuan rumah, hanya meraih 1 hasil imbang dan 2 kekalahan. Mereka pun gagal melaju ke babak berikutnya.

Kemudian pada Euro 2016, tergabung di Grup F bersama Hungaria, Islandia, dan Portugal, Austria juga gagal melaju ke babak selanjutnya. Dari 3 laga di fase grup, mereka hanya meraih 1 hasil imbang dan 2 kekalahan.

Namun, kemenangan bersejarah itu akhirnya datang di pentas Euro 2020 yang digelar kali ini. Melawan tim debutan Makedonia Utara, tim asuhan Franco Coda itu memetik kemenangan meyakinkan 3-1. Keputusan Foda pada babak kedua mengganti dua pemain depannya membuat Austria mampu menjinakkan Makedonia Utara. Dua pemain pengganti yakni Michael Gregoritsch dan Marko Arnautovic mencetak gol pada menit ke-78 dan 89 dan membuat skor menjadi 3-1.

Austria sebenarnya mampu mencetak gol awal pada menit 18 lewat Stefan Lainer. Namun, sepuluh menit kemudian disamakan oleh pemain veteran Goran Pandev. Dia pun menorehkan sejarah karena menjadi pemain pertama Makedonia Utara yang mencetak gol di pentas Piala Eropa.

Pandev juga menjadi pemain tertua kedua yang berhasil mencetak gol di ajang Piala Eropa. Pandev melakukannya pada usia 37 tahun 321 hari. Sementara pemain tertua yang mencetak gol di ajang Euro adalah Ivica Vastic (Austria). Kala itu Vastic berusia 38 tahun 257 hari saat melawan Polandia pada 2008.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, Austria terus menekan. Pada menit 58, Foda membuat keputusan penting dengan mengeluarkan duet Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic untuk digantikan Marko Arnautovic dan Michael Gregoritsch. Kedua pemain langsung memberikan pengaruh besar dalam permainan Austria.

Gregoritsch kemudian mencetak gol pada menit ke 78 usai memanfaatkan umpan matang dari David Alaba. Austria memimpin 2-1. Kemudian giliran Arnautovic yang mencetak gol pada menit 89 setelah menerima sodoran dari Konrad Laimer. Austria unggul 3-1 dan bertahan sampai laga berakhir.

Austria 3-1 Makedonia Utara
(Stefan Lainer 18, Michael Gregoritsch 78, Marko Arnautovic 89 – Goran Pandev 28)

SUSUNAN PEMAIN
Austria (3-5-1-1): Bachmann, Dragovic (Lienhart 46), Alaba, Hinteregger, Lainer (Baumgartlinger 90+3), Baumgartner (Gregoritsch 58), Laimer, Schlager (Ilsanker 90+4), Ulmer, Sabitzer, Kalajdzic (Arnautovic 59)
Pelatih: Franco Coda

Makedonia Utara (5-3-2): Dimitrievski, Nikolov (Bejtulai 64), Ristovski, Velkovski, Musliu (Ristovski 86), Alioski, Bardhi (Trickovski 82), Ademi, Elmas, Pandev, Trajkovski (Kostadinov 63)
Pelatih: Igor Angelovski

Editor : Edy Pramana

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads