alexametrics
3 Belanda vs Ukraina 2

Belanda Menang Dramatis, Lahirkan Laga yang Tak Pernah Ada Sebelumnya

14 Juni 2021, 05:29:11 WIB

JawaPos.com-Drama lima gol di babak kedua memastikan Belanda meraih kemenangan pada laga perdana Grup C Euro 2020. Menghadapi Ukraina di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, dini hari ini (14/6), Belanda menang 3-2.

Georginio Wijnaldum memecahkan kebuntuan Belanda lewat golnya pada menit ke-52. Tujuh menit kemudian, striker Wout Weghorst membuat Belanda memimpin 2-0.

Wijnaldum memang harta berharga bagi Belanda. Berdasarkan catatan Opta, dia mencetak 15 gol dalam 26 penampilan terakhirnya bersama Belanda.

Ini adalah peningkatan yang sangat-sangat impresif. Sebab, Wijnaldum hanya membuat delapan gol dalam 50 penampilan pertamanya bagi Belanda.

Setelah tertinggal 0-2, Ukraina bangkit dengan cara yang luar biasa. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk membuat gol pada menit ke-75 dan 79 untuk menyamakan kedudukan.

Namun, lima menit sebelum waktu normal berakhir, Denzel Dumfries memastikan Belanda meraih kemenangan peting di laga ini.

Berdasarkan data Opta, gol Dumfries tersebut adalah gol kemenangan telat kedua dalam sejarah Belanda. Yang pertama adalah ketika Frank de Boer mencetak gol kemenangan melawan Republik Ceko pada Euro 2000. Saat itu, Belanda unggul 1-0. Uniknya, Frank de Boer adalah pelatih Belanda di Euro 2020.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads