alexametrics
Liga Champions 2018-2019

Wasit Anulir Gol Menggunakan VAR, Kiper Madrid: Itu Putusan Tepat

14 Februari 2019, 19:42:38 WIB

Jawapos.com – Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois mengaku penggunaan VAR pada laga kontra AFC Ajax sangatlah tepat. Terbukti teknologi tersebut dapat membantu memberikan putusan terhadap gol yang dicetak oleh lawannya.

Pada laga Liga Champions, Kamis (14/2) dini hari, sempat ada perdebatan saat berlangsungnya pertandingan antara Real Madrid kontra AFC Ajax. Gol yang dicetak Nicolas Tagliafico ke gawang Madrid menimbulkan kontroversi.

Pihak Ajax menilai gol yang dicetak pemainnya itu sah. Namun, sebaliknya wasit justru menganulir gol tersebut. Wasit menilai sundulan yang dilancarkan Tagliafico tidak sah karena rekannya, Dusan Tadic berada dalam posisi offside dan mengganggu kiper.

Wasit pun menggunakan VAR untuk melihat lebih jelas insiden yang terjadi. Setelah melihat tayangan ulang melalui VAR, akhirnya gol tersebut resmi dianulir. Sontak saja, hal itu membuat Courtois ikut tersenyum.

“Saya berpikir ini merupakan keputusan tepat. Ketika peristiwa itu terjadi saya mengira mungkin offside,” ucapnya dikutip Guardian.

Courtois menambahkan, saat peristiwa itu terjadi dirinya memang berada dalam posisi yang salah. Namun, saat mencoba memperbaiki kesalahannya, Dusan Tadic justru mengganggunya.

“Saya berusaha untuk menangkap bola dan Tadic berusaha untuk menembak. Tetapi dia tidak menyentuh bola, dan dia offside. Karena melakukan pergerakan itu, bola memantul dari tangan saya (langsung disundul Tagliafico),” tuturnya.

“Saya berpikir ini merupakan langkah tepat. Beruntung bagi kami ada teknologi VAR. Karena tidak akan ada orang yang melihat hal tersebut,” tukasnya.

Berkat putusan wasit menganulir gol tersebut, Ajax pun gagal menyamakan kedudukan. Sehingga Real Madrid suskes memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Bintang Rahmat

Saksikan video menarik berikut ini:


Wasit Anulir Gol Menggunakan VAR, Kiper Madrid: Itu Putusan Tepat