alexametrics

Preview Piala Afrika: Kapten Mane Lawan Kapten Keita

14 Januari 2022, 10:21:47 WIB

JawaPos.com – Baru dua hari lalu (12/1) fans Liverpool FC melihat pemain kesayangannya, Mohamed Salah, menuai hasil buruk di Piala Afrika 2021.

Salah yang berstatus kapten Mesir harus mengakui keunggulan Nigeria 0-1. Nanti malam, dua pemain LFC lainnya di Piala Afrika 2021 sudah harus saling sikut. Keduanya juga berstatus kapten di timnas masing-masing.

Wide attacker Sadio Mane bersama Senegal dan gelandang Naby Keita (Guinea) jadi pihak yang berlawanan dalam matchday kedua grup B di Stade Omnisports de Bafoussam (siaran langsung beIN Sports 2 pukul 20.00 WIB).

Laga yang sengit karena Senegal dan Guinea sama-sama meraih kemenangan dalam matchday pertama.

Senegal menang susah payah 1-0 atas Zimbabwe berkat penalti Mane di pengujung laga (90+7’).

Sementara Keita memimpin Guinea menang dengan skor serupa atas Malawi. Itu berarti, pemenang laga malam nanti berhak atas tiket ke fase knockout (16 besar).

Bagi Guinea, menghadapi Senegal merupakan momen unjuk kemampuan sebagai sesama negara di Afrika Barat.

Syli Nationale atau Gajah Nasional –julukan Guinea– tidak pernah menang dalam sembilan pertemuan sebelumnya.

”Ini (melawan Senegal, Red) seperti derbi dan selalu ada persiapan khusus menyambut derbi,” ucap Keita kepada African Football.

”Mereka (Senegal) adalah tim terbaik Afrika (mengacu ranking FIFA, Red). Mengalahkan mereka tentu lebih dari sekadar meraih tiket ke fase knockout,” sahut pelatih Guinea Kaba Diawara kepada New.In.24.

Banyaknya pemain Senegal yang absen karena positif Covid-19 bisa memberi keuntungan bagi Guinea. Seperti dilansir Sky Sports tadi malam (13/1), ada tambahan dua pemain yang terpapar korona.

Kapten Senegal Sadio Mane dan kapten Guinea Naby Keita yang biasa bermain di Liverpool FC akan berhadapan dalam matchday kedua fase grup Piala Afrika malam nanti (14/1). (KHALED DESOUKI/AFP)

Mereka adalah gelandang Idrissa Gueye (Paris Saint-Germain) dan bek kiri Fode Ballo-Toure (AC Milan).

Sebelumnya, ada tujuh pemain yang positif Covid-19. Dari kiper Edouard Mendy (Chelsea), bek tengah Kalidou Koulibaly (SSC Napoli), hingga bek kiri Saliou Ciss (AS Nancy).

Lalu, gelandang bertahan Pape Sarr (FC Metz), winger Mame Thiam (Kayserispor), striker Bamba Dieng (Olympique de Marseille), serta striker Famara Diedhiou (Alanyaspor),

Meski begitu, beberapa dari tujuh nama itu masih punya peluang tampil melawan Guinea. Syaratnya, mereka mendapat hasil negatif pada tes yang akan dilakukan hari ini sebagai rangkaian tes terakhir sebelum pertandingan.

”Ketika menghadapi Zimbabwe, kami hanya memiliki 17 pemain. Kami berharap jumlahnya bisa lebih banyak (saat menghadapi Guinea, Red),” ucap pelatih Senegal Aliou Cisse di laman resmi FSF (PSSI-nya Senegal).

Cisse kabarnya telah meminta winger Watford FC Ismaila Sarr untuk segera bergabung bersama tim. Sarr berada di Barcelona empat hari terakhir untuk pemulihan cedera ligamen lutut.

Tapi, progresnya bagus dan telah memasuki tahap akhir. Sarr sebenarnya baru diproyeksikan bergabung dengan Singa Teranga –julukan Senegal– untuk fase knockout yang dimulai pada 24 Januari nanti.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c13/dns



Close Ads