alexametrics

Saat Luis Enrique Abaikan Nama-Nama Besar

13 Oktober 2020, 12:25:42 WIB

JawaPos.com-Duopoli FC Barcelona dan Real Madrid di timnas Spanyol, tampaknya, mulai luntur. Lihat saja skuad La Furia Roja saat ini. Real sebagai juara La Liga hanya memiliki kapten sekaligus bek tengah Sergio Ramos.

Barca memang masih menjadi penyumbang terbanyak dengan tiga pemain (Sergio Busquets, Sergi Roberto, Ansu Fati). Bersanding dengan Manchester City (Rodri, Ferran Torres, Eric Garcia).

Tapi, berdasar kontribusi dalam starting XI La Furia Roja saat menghadapi Swiss(11/10), Real Sociedad lebih mencolok. Dua penggawa La Real, gelandang Mikel Merino dan wide attacker yang dipercaya bermain sebagai false nine Mikel Oyarzabal, memberikan andil atas gol kemenangan La Furia Roja.

Gol Oyarzabal pada menit ke-14 berasal dari assist Merino. Untuk Merino, dari empat caps sejak memperkuat La Furia Roja bulan lalu, dia selalu menjadi pilihan entrenador Luis Enrique. Pemain berusia 24 tahun itu juga selalu bermain penuh (90 menit).

’’Bukan pilihan sulit (memainkan Merino, Red). Dia sudah menampilkan (yang terbaik, Red) di awal kompetisi (La Liga, Red) sehingga aku tidak perlu menoleh ke belakang (melihat pemain lain yang terbiasa menjadi langganan timnas, Red),’’ tutur Enrique kepada El Mundo Deportivo.

Berdasar rating performa, Merino memang gelandang terbaik hingga lima jornada awal La Liga. Berkebalikan dengan Busquets. Muncul suara sumbang terkait alasan Lucho –sapaan akrab Enrique– masih memberikan kepercayaan kepada Busquets yang performanya di La Liga biasa-biasa saja. Setidaknya ketimbang gelandang UD Levante Jose Campana.

’’Terkadang Anda membutuhkan sosok berpengalaman,’’ kata Enrique tentang Busquets seperti dilansir Marca.

Selain Oyarzabal dan Merino, La Real bisa memiliki pemain ketiga di La Furia Roja seandainya bek tengah Diego Llorente tidak hengkang ke Leeds United musim panas ini.

Euforia Oyarzabal dan Merino pun menghadapi ujian berat ke depan. Sebab, ada 10 laga yang harus mereka jalani bersama La Real maupun La Furia Roja selama rentang waktu sebulan. ’’Aku menantikan konsistensi performa mereka,’’ ucap Enrique.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c19/dns




Close Ads