alexametrics
Kualifikasi Euro 2020

Rusia, Kroasia, dan Polandia Bisa Pastikan Lolos Euro 2020 Malam Ini

13 Oktober 2019, 19:00:45 WIB

JawaPos.com – Ada sembilan pertandingan kualifikasi Euro 2020 yang akan digelar malam ini (13/10) dan dini hari nanti (14/10). Dari sembilan pertandingan tersebut, ada tiga tim yang berpeluang lolos menyusul Belgia.

Yakni, di grup I antara Siprus versus Rusia. Lalu, di grup E Wales lawan Kroasia. Terakhir di grup G antara Polandia versus Makedonia Utara. Di antara ketiganya, tugas Rusia paling enteng. Asal tak kalah di tangan Siprus, Sbornaya –julukan Rusia– bisa mengamankan tiket Euro 2020.

Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov kepada Sport Express kemarin (12/10) mengatakan, timnya sudah harus melepaskan euforia pesta empat gol ke gawang Skotlandia (11/10). Fokusnya kini melawan Siprus (13/10) di GSP Stadium Nikosia.

”Pertandingan lawan Skotlandia berakhir dua hari lalu!”, tutur Cherchesov. Hasil seri lawan Siprus membuat Rusia berjarak sembilan poin atas Siprus yang menduduki posisi ketiga klasemen grup I (19-10). Margin sembilan angka itu tak mungkin dikejar Siprus. Sebab, pertandingan di grup I menyisakan dua matchday setelah laga malam ini.

Kalau Rusia butuh seri, Kroasia sebagai pemuncak klasemen grup E wajib menang atas tuan rumah Wales dini hari nanti (14/10) di Cardiff City. Jika meraup poin absolut, Kroasia akan mengoleksi 16 poin. Angka itu tak mungkin dikejar Hungaria atau Wales yang duduk di posisi ketiga (9 poin) dan keempat (7 poin) dengan melihat sisa matchday yang ada.

”Wales adalah tim istimewa. Karena kita tahu mereka memiliki (Gareth) Bale yang punya kemampuan berlari cepat dan akurasi tembakannya mumpuni. Mereka adalah semifinalis Euro 2016,” tutur Zlatko Dalic kepada Sportske.

Di Cardiff, Dalic akan kehilangan gelandang Marcelo Brozovic. Sebagai opsi penggantinya, pelatih yang mengantar Kroasia jadi runner-up Piala Dunia 2018 itu akan memakai Milan Badelj atau Mateo Kovacic.

Di sisi lain, Polandia harus menang lawan Makedonia Utara dini hari nanti (14/10) di National Stadium Warsawa. Dengan tambahan tiga poin, Polandia bisa mengoleksi 19 poin dan tak bisa dikejar tim posisi ketiga Makedonia Utara (11 poin) dan Slovenia (11 poin) di sisa dua matchday tersisa.

”Nasib kelolosan ada di tangan kami sendiri. Jika menang kami lolos, jika tidak kami harus lebih lama berjuang di kualifikasi,” tutur kapten Polandia Robert Lewandowski kepada Polsat.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads