alexametrics

Lautaro Martinez Menyamai Sejarah yang Bertahan Selama 89 Tahun

12 September 2019, 15:56:39 WIB

JawaPos.com-Laga melawan Meksiko bakal selalu diingat striker Argentina Lautaro Martinez. Bagaimana tidak. Pemain 22 tahun itu menjadi pemain Tim Tango pertama yang mencetak hat-trick ke gawang Meksiko sejak Guillermo Stabile melakukannya pada 1930.

Hebatnya lagi, torehan tiga gol striker Inter Milan itu tercipta pada 45 menit pertama. Tepatnya terjadi dalam 22 menit. Yakni, menit ke-17, menit ke-33, dan menit ke-39. Kini, koleksi gol El Toro (Si Banteng)–julukan Lautaro–bersama Argentina jadi 6 gol dari 12 caps.

“Ada banyak pengorbanan yang dilakukan untuk berada di sini (dipanggil timnas). Saya juga tidak setiap hari bisa mencetak tiga gol dengan kostum ini,” ucap Lautaro seperti dilansir Goal.

Lautaro memang punya spirit ganda musim ini. Di Inter, hengkangnya Mauro Icardi membuat status striker utama kini jadi miliknya. Dia berdampingan dengan striker anyar Romelu Lukaku. Dari dua giornata awal Serie A, Lautaro mencetak satu gol.

Di Argentina, secara implisit dia dibebani target untuk jadi solusi instan karena beberapa striker senior seperti Sergio Aguero, Gonzalo Higuain, dan Icardi tidak dipanggil oleh pelatih Lionel Scaloni.

Higuain bahkan sudah pensiun dari timnas. Apalagi, Lionel Messi juga belum pulih dari cedera betis kanan. Praktis, saingan nyata bagi Lautaro di lini depan Albiceleste–julukan Argentina–hanya Paulo Dybala.

Lautaro juga punya poin plus. Yakni, kepiawaiannya bermain nyaris di semua posisi di lini depan. Meski posisi idealnya adalah striker, dia tidak canggung berada sebagai second striker atau wide attacker. Itu yang bisa membuat perannya tetap dibutuhkan Scaloni jika nantinya Messi atau Aguero kembali ke timnas.

Hanya saja, laga kemarin tidak berakhir dengan manis bagi eks striker Racing Club itu. Dia ditarik pada babak kedua dan digantikan Dybala karen engkelnya sedikit bermasalah.

”Kami memang sudah berencana menggantinya pada babak kedua karena dia bergabung dalam keadaan tidak 100 persen. Tapi, saya harap fisiknya terus bermasalah, jadi dia bisa mencetak banyak gol,” kelakar Scaloni.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/tom



Close Ads