alexametrics
Liga Prancis

Sylvinho Nol Pengalaman, Dikelilingi Orang Terbaik di Olympique Lyon

12 Juli 2019, 17:05:41 WIB

JawaPos.com – Di antara pelatih tim baru di lima liga elite Eropa, Olympique Lyon membuat keputusan mengejutkan. Presiden Jean-Michel Aulas mengangkat Sylvio Mendes Campos Junior atau yang akrab dikenal Sylvinho sebagai entraineur sepekan sebelum Ligue 1 musim lalu berakhir.

Sylvinho sebagai pemain memang punya reputasi apik di Arsenal, Barcelona, hingga Manchester City. Tetapi, rekam jejak pria 45 tahun asal Brasil itu sebagai pelatih adalah nol.

Sylvinho lebih akrab dengan status asisten pelatih. Pernah menjadi tangan kanan Roberto Mancini di Inter Milan (2014–2015) setelah musim sebelumnya menjadi asisten Mano Menezes di Corinthians (2013–2014). Jabatan terbarunya sebelum bergabung dengan Les Gones –julukan Lyon– adalah direktur teknik Brasil (2016–2019).

Presiden Lyon Aulas seperti dikutip The Guardian sangat memahami bahwa dirinya melakukan perjudian besar dengan memilih Sylvinho. Namun, orang nomor satu Lyon sejak 1987 tersebut sudah mengalkulasi semuanya. ’’Jika Anda seorang entrepreneur dan berinvestasi EUR 500 juta (Rp 7, 94 triliun) untuk sebuah single stadion, sudah dipastikan hidupnya selalu penuh risiko,’’ tutur pria berusia 70 tahun itu.

Aulas tidak gila. Dia pun tidak membiarkan Sylvinho memikul beban seorang diri. Sylvinho diberi tandem sosok-sosok yang disebut Aulas adalah pemegang DNA Lyon. Di posisi direktur olahraga ditaruhlah legenda Lyon yang jago tendangan bebas, Juninho Pernambucano. Kemudian, ada dua nama eks pelatih Lyon, Gerard Houllier dan Bernard Lacombe, sebagai konsultan transfer. Untuk posisi pelatih kiper ada kiper yang membawa Les Gones menorehkan rekor juara Ligue 1 tujuh musim beruntun (2002–2008), Gregory Coupet.

Bagaimana dengan formasi yang dipakai pelatih debutan seperti Sylvinho? L’Equipe menulis formasi Sylvinho tak jauh-jauh dari dua gurunya, Mancini dan Tite. Yakni, 4-3-3 atau 4-2-3-1.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns



Close Ads