alexametrics

Tottenham Hotspur vs Arsenal: Trofi untuk Mister Arteta

12 Mei 2022, 11:02:30 WIB

JawaPos.com – Sejak kembali ke London Colney untuk menangani Arsenal pada 22 Desember 2019, Mikel Arteta masih merasakan The Gunners yang dulu dia perkuat (2011–2016) kehilangan harga diri di depan rival utama, Tottenham Hotspur.

Sejak musim 2013–2014, Spurs selalu sukses finis di atas Arsenal di Premier League.

Nah, musim ini, Mister –sapaan Arteta di ruang ganti Arsenal– memiliki kesempatan mengubah konfigurasi tersebut.

Dengan sisa tiga matchweek, skuad Arteta unggul empat poin (66-62) atas Spurs.

Jika mampu memperdaya Spurs di Tottenham Hotspur Stadium dini hari nanti (siaran langsung Mola TV pukul 01.45 WIB), The Gunners tak hanya pasti finis di atas The Lilywhites.

Kemenangan dalam derbi London Utara ke-191 sekaligus memastikan Arsenal meraih tiket ke Liga Champions musim depan alias pasti finis empat besar.

”(Finis) empat besar seperti trofi juara baginya (Arteta, Red),” ucap pandit Jonathan Woodgate dalam BBC Match of the Day 2.

Finis empat besar sekaligus lonjakan prestasi bagi Arteta yang selama dua musim terakhir hanya membawa Alexandre Lacazette dkk berakhir di posisi kedelapan.

Arsenal memang bisa berlaga di Liga Europa musim lalu. Tapi, itu karena tiket sebagai juara Piala FA 2019–2020.

Kali terakhir Arsenal merasakan bermain di Liga Champions adalah pada musim 2016–2017 atau semusim setelah Mister pensiun.

Sementara itu, ketika Arteta bermain, Arsenal tidak sekali pun absen dalam perebutan kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa, bahkan dunia, tersebut.

Seperti membenarkan ucapan Woodgate, Arteta menatap derbi London Utara dini hari nanti layaknya laga final.

’’Itu (lolos ke Liga Champions, Red) jadi motivasi tambahan bagi kami untuk mencapainya. Aku sudah tidak sabar memenangi derbi,’’ ucap Arteta kepada Sky Sports.

Arsenal memiliki modal bagus setelah mencatatkan unbeaten sejak 21 April lalu. Yaitu dengan mengalahkan Chelsea 4-2, Manchester United 3-1 (23/4), serta West Ham (1/5) dan Leeds United (8/5) dengan skor masing-masing 2-1.

The Gunners juga memenangi derbi London Utara yang pertama musim ini pada matchweek keenam (27/9/2021).

Hanya, kemenangan dengan skor 3-1 di Emirates Stadium dicapai ketika Spurs masih ditangani Nuno Espirito Santo.

Tentu berbeda situasinya dengan Spurs di tangan Antonio Conte. Rapor Conte bersama Spurs sangat bagus ketika menghadapi tim di atas peringkat mereka.

Seperti dua kali menahan seri Liverpool FC (2-2 dan 1-1) serta berhasil mengalahkan pemuncak klasemen Manchester City 3-2 di Etihad Stadium.

Dikutip Football London, Conte memuji Arsenal bersama Arteta sebagai sebuah tim yang benar-benar terorganisasi.

”Kinerjanya (Arteta, Red) sangat bagus. Akan menarik menjalani pertemuan pertama kami nanti,” ucap pemilik julukan The Godfather tersebut.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c17/dns

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads