alexametrics

Nketiah Pilih Timnas Ghana: Jalur Cepat Main di Piala Dunia

12 Mei 2022, 11:32:04 WIB

JawaPos.com – Timnas Inggris memang memiliki nama lebih besar daripada timnas Ghana. Namun, peluang untuk dipanggil dan kesempatan bermain, Ghana lebih realistis ketimbang Inggris.

Itulah yang menjadi pertimbangan striker Arsenal Eddie Nketiah mantap memilih Ghana sebagai timnas untuk level senior.

Nketiah kelahiran Inggris, tepatnya di Lewisham (area di tenggara London), 22 tahun silam. Dia sudah memperkuat Inggris di berbagai level junior seperti U-18, U-19, U-20, dan U-21.

Nketiah menorehkan total 38 laga dengan 35 gol plus 5 umpan gol.

Statistik yang lumayan bagus. Namun, untuk bisa menembus timnas senior, Nketiah harus bersaing dengan sederet striker top langganan The Three Lions seperti Harry Kane hingga striker yang sedang naik daun bersama AS Roma, Tammy Abraham.

Ditambah, tactician Inggris Gareth Southgate belum meliriknya sama sekali meski performanya menanjak musim ini.

Seiring memiliki banyak opsi wide attacker seperti Raheem Sterling, Jack Grealish, Phil Foden, Bukayo Saka, Jadon Sancho, hingga Marcus Rashford, Southgate diyakini hanya akan menyertakan dua pemain berposisi asli nomor 9.

Pilihan Nketiah pada Ghana juga tidak bisa dimungkiri karena Piala Dunia 2022.

Dengan memilih Black Stars, jebolan akademi Chelsea itu bisa mendapatkan jalur cepat tampil di Qatar akhir tahun nanti. Selain tentu saja karena Nketiah memenuhi syarat kewarganegaraan. Orang tuanya asli Ghana.

”Tentu saja aku mempertimbangkan peluang itu (bermain untuk Ghana di Piala Dunia 2022, Red),” ucap Nketiah sebagaimana yang dilansir Pulse.

Yang dilakukan Nketiah, tampaknya, akan diikuti winger Chelsea Callum Hudson-Odoi. Sama dengan Nketiah, Hudson-Odoi memiliki orang tua asli Ghana.

Pemain 21 tahun itu memang telah mengoleksi 3 caps bersama Inggris.

Namun, per September 2020, FIFA mengubah peraturan bahwa setiap pemain masih bisa berganti timnas senior meski telah memperkuat salah satu timnas senior dengan syarat tidak lebih dari 3 caps.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c14/dns

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads