alexametrics
Euro 2020

Jadwal Live TV Italia vs Inggris: Gli Azzurri Belum Ternoda

11 Juli 2021, 08:02:38 WIB

JawaPos.com – Final ideal. Demikian sejumlah pihak melabeli laga final Euro 2020 antara Italia kontra Inggris pada Senin (12/7) dini hari WIB. Menengok performa di Euro 2020, kedua tim memang layak melaju ke final. Gli Azzurri sudah menunjukkan permainan gemilang di fase grup dengan menyapu bersih kemenangan. Sementara, Inggris baru kebobolan 1 gol hingga sejauh ini.

Italia yang dilatih Roberto Mancini memiliki motivasi besar untuk bisa mengakhiri Euro 2020 dengan trofi juara. Maklum saja, kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 masih membekas. Dengan menjuarai Euro 2020, luka itu bakal sirna.

Sementara itu, Inggris jelas mendapat motivasi berlebih. Tim asuhan Gareth Southgate itu berhasil menghapus trauma di Euro 1996 silam saat menjadi tuan rumah. Kala itu, Inggris tersingkir di semifinal kendati bermain di Wembley. Kini, bermain di tempat yang sama, The Three Lions berhasil mencapai final. Tentunya, Harry Kane cs tak ingin menyia-nyiakan peluang juara di pentas Euro untuk pertama kalinya, terlebih kesempatan terbuka lantaran bertindak sebagai tuan rumah.

Di satu sisi, Italia tak gentar meski bermain di Wembley. Perlu diketahui, Italia belum ternoda dari Inggris saat berhadapan dengan Inggris di turnamen besar yakni di ajang Euro dan Piala Dunia. Dari 4 kali pertemuan baik di Euro dan Piala Dunia, Italia selalu mengakhirinya dengan kemenangan.

Di ajang Euro, kemenangan pertama Italia atas Inggris terjadi di Euro 1980. Kala itu, Italia menang 1-0 atas Inggris di fase Grup 2. Pertemuan kedua Italia dan Inggris di Euro terjadi di Euro 2012, tepatnya di perempat final. Italia berhasil menyingkirkan Inggris lewat drama adu penalti.

Kemudian di Piala Dunia, Italia juga selalu bisa mengalahkan Inggris. Pada Piala Dunia 1990, Italia menang 2-1 atas Inggris dalam perebutan peringkat ketiga. Kemudian di Piala Dunia 2014, Italia menang 2-1 atas Inggris di fase Grup D.

Gelandang Gli Azzurri, Marco Verratti menyatakan mengalahkan Inggris di Wembley adalah impian dan menegaskan dirinya dan rekan-rekannya akan menjalani laga final itu tanpa rasa takut.

The Three Lions di era Gareth Southgate telah memenangkan 15 dari 17 pertandingan terakhirnya di Wembley dalam semua kompetisi dengan mencetak 46 gol dan kebobolan lima gol. Namun, catatan ini sama sekali tidak mengganggu Verratti.

“Kami menyaksikan bersama pertandingan (melawan Denmark) itu. Inggris tangguh dan mereka memiliki pemain-pemain yang secara teknis juga bagus. Mereka pantas berada di final, di stadion yang mereka kenal dengan baik. Akan menjadi impian jika mampu menang di stadion mereka,” sebut Verratti.

Jadwal Live TV Italia vs Inggris
Italia vs Inggris
Stadion Wembley
Senin, 12 Juli 2021, Pukul 02.00 WIB
Live di RCTI dan Mola TV

*Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya tergantung stasiun televisi bersangkutan.

Editor : Edy Pramana

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads