alexametrics
Liga Champions 2018-2019

Ronaldo Samai Pencapaian Ibrahimovic, Juventus Ditahan Imbang Ajax

AFC Ajax 1-1 Juventus
11 April 2019, 05:13:41 WIB

JawaPos.com – Cristiano Ronaldo mengukir rekor apik saat Juventus tandang ke markas AFC Ajax, Stadion Johan Cruyff Arena, Kamis (11/4) dini hari WIB. Kapten Timnas Portugal itu menyamai pencapaian Zlatan Ibrahimovic lewat golnya. Ronaldo hingga saat ini mampu mencetak 6 gol di Johan Cruyff Arena pada pentas Liga Champions. Hal sama dilakukan oleh Ibrahimovic.

Bedanya, Ibra tentu saja melakukannya dengan kostum Ajax karena pernah menjadi bagian raksasa Belanda tersebut pada 2001-2005. Sementara itu, Ronaldo melakukannya dengan kostum Real Madrid dan Juventus. Dalam lima pertemuan terakhir dengan Ajax, Ronaldo mampu mencetak 8 gol. Artinya, dia memang sangat akrab dengan gawang Ajax.

Hanya saja, rekor apik Ronaldo tak diiringi dengan hasil gemilang bagi Juventus. Tim asuhan Massimiliano Allegri tersebut hanya bermain imbang 1-1 di Johan Cruyff Arena pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019.

Sempat unggul via Ronaldo pada akhir babak pertama, Ajax mampu membalas saat babak kedua baru berlangsung 30 detik melalui David Neres.

Si Nyonya Tua – julukan Juventus, bisa dibilang beruntung bisa meraih hasil seri di Johan Cruyff Arena. Maklum saja, berdasar jalannya pertandingan, mereka mendapat tekanan dari Ajax. Keberhasilan Ajax menyingkirkan Real Madrid di babak sebelumnya membuat Dusan Tadic cs tampil luar biasa.

David Neres mencetak gol penyama kedudukan bagi Ajax (Uefa.com)

Tampil di kandang sendiri, Ajax mampu dominan dari Juventus. Mereka berhasil menguasai bola hingga 58%. Bandingkan dengan Juventus yang dipaksa menguasai bola hanya 42%. Bahkan, dalam hal serangan pun Ajax sangat dominan. Tim asuhan Erik ten Hag itu total melepaskan 18 tembakan ke gawang Juventus. Sementara, Juventus hanya 7 kali mengancam gawang Ajax.

Dari 18 tembakan, sebanyak 6 kesempatan on target. Sementara itu, Juventus hanya memiliki satu tembakan yang on target namun berujung gol. Terlepas dari itu, terlihat bahwa Ajax mampu membuat Juventus tertekan di Johan Cruyff Arena.

Dengan hasil tersebut, kedua tim masih berpeluang untuk melaju ke semifinal. Juventus yang bakal bertindak sebagai tuan rumah pada perempat final leg kedua pantang meremehkan Ajax. Ingat, di babak sebelumnya Ajax menyingkirkan Madrid di Santiago Bernabeu, markas Los Blancos.

SUSUNAN PEMAIN
AFC Ajax: Andre Onana; Joel Veltman, Mathijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone (Jurgen Ekkelenkamp 75′), Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic
Pelatih: Erik ten Hag

Juventus: Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi (Paulo Dybala 75′); Federico Bernardeschi (Sami Khedira 93′), Mario Mandzukic (Douglas Costa 62′), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Massimiliano Allegri

Editor : Edy Pramana