alexametrics
Kualifikasi Euro 2020

Belanda vs Irlandia Utara: Jaga Reputasi Bek Kelas Rolls-Royce

10 Oktober 2019, 18:00:30 WIB

JawaPos.com – Timnas Belanda beruntung memiliki Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt. Tidak hanya disebut sebagai duet bek tengah terbaik di dunia saat ini. Van Dijk-De Ligt juga memiliki nilai pasar termahal. Yakni, EUR 175 juta atau setara dengan Rp 2,7 triliun.

Namun, bersama Van Dijk-De Ligt, pertahanan Oranje –julukan timnas Belanda– saat ini bukan yang terbaik di Grup C Kualifikasi Euro 2020. Dengan kebobolan 5 gol, Belanda masih kalah oleh Irlandia Utara yang kebobolan 4 gol. Meski, Irlandia Utara sudah memainkan satu laga lebih banyak (5 banding 4).

Persaingan siapa yang menjadi benteng terbaik pun tak terhindarkan saat Belanda menjamu Irlandia Utara di De Kuip dini hari nanti (siaran langsung Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 01.45 WIB). ’’Virgil (van Dijk) saat ini bukan seperti yang dulu. Dia sudah menjadi Rolls-Royce (mobil mewah asal Inggris, Red),’’ ujar kapten Irlandia Steven Davis kepada Belfast Telegraph.

Davis pernah menjadi rekan Van Dijk semasa di Southampton (2015–2018). ’’Segalanya tampak lebih mudah baginya sekarang. Secara fisik, dia punya semua atribut yang dibutuhkan (sebagai bek andal). Begitu pula tekniknya. Dia semakin tumbuh selama di Liverpool,’’ ungkap pemain yang musim ini membela Rangers tersebut. Meski begitu, Van Dijk maupun De Ligt datang ke KNVB Campus (markas latihan timnas Belanda) dengan membawa ’’aib’’ di klub masing-masing. Performa De Ligt menjadi sorotan saat Juventus mengalahkan Inter Milan 2-1 di giornata ketujuh Serie A (7/10). Kecerobohan bek berusia 20 tahun itu menjadi penyebab penalti yang bisa dieksekusi striker Lautaro Martinez.

Van Dijk juga tanpa cela. Bulan ini, dari dua laga yang dilakoni Liverpool, tidak satu pun berakhir clean sheet. Bahkan, orang masih mengingat terjatuhnya Pemain Terbaik UEFA 2018–2019 itu karena gocekan striker Red Bull Salzburg asal Korsel, Hwang Hee-chan.

Gelandang Irlandia Paddy McNair mengklaim sudah mengantongi kelemahan Van Dijk sekaligus Oranje. ’’Kami akan mengeksplorasi area-area jelajah mereka (Van Dijk dan De Ligt) untuk selanjutnya bisa kami manfaatkan,’’ tutur McNair seperti dilansir Sky Sports.

Kepada Voetbal International, Van Dijk merespons ucapan McNair dengan balik melontarkan psywar kepada Norn Iron, julukan Irlandia Utara. ’’Aku tahu para pemainnya maupun taktik yang dipakai. Percayalah, kami masih sangat berbahaya,’’ ujar bek berusia 28 tahun dengan koleksi 30 caps itu.

Di tempat terpisah, De Ligt juga merespons kritik media-media Italia yang menilai performanya belum sebanding dengan banderol mahalnya saat ditebus Juve dari Ajax Amsterdam musim panas lalu. ’’Aku membutuhkan lebih banyak jam terbang di klub (Juve) dan seperti aku di timnas, aku akan jauh lebih baik ketika makin banyak mendapat kesempatan bermain,’’ tuturnya kepada Tuttosport.

Tacticus Belanda Ronald Koeman memberikan pembelaan untuk De Ligt. Menurut Koeman, De Ligt dalam proses mempelajari ilmu soal pertahanan Juve. Apalagi, bersama allenatore Maurizio Sarri, Bianconeri seperti bukan lagi klub dengan pertahanan terbaik di Serie A.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/dns


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads