alexametrics
Premier League 2019-2020

West Ham vs Manchester City: Momen Pamerkan Rekrutan Termahal

10 Agustus 2019, 17:37:58 WIB

JawaPos.com – Diposisikan sebagai favorit juara Premier League 2019–2020, Manchester City dihadapkan pada start yang tidak mudah. City harus bertandang ke London Stadium, markas West Ham United, klub asuhan mantan pelatihnya, Manuel Pellegrini, petang nanti (siaran langsung Mola TV pukul 18.30 WIB).

Memang dalam tiga pertemuan melawan Pellegrini, pelatih City Pep Guardiola memiliki catatan superior. Selalu menang dan sukses mencetak rata-rata tiga gol, termasuk dalam pramusim Premier League Asia Trophy di Nanjing, Tiongkok, 17 Juli lalu.

Namun, saat itu Pellegrini belum memiliki skuad terbaiknya. Khususnya dua rekrutan mahalnya musim panas ini. Masing-masing pembelian paling menguras kocek dalam sejarah The Hammers –julukan West Ham. Yakni, striker Sebastien Haller yang berbanderol GBP 45 juta (Rp 770,7 miliar) dan gelandang serang Pablo Fornals (GBP 24 juta atau Rp 411 miliar).

Untuk laga menghadapi City, Haller dan Fornals siap bermain sejak menit awal. ”Kondisi keduanya prima,” kata Pellegrini seperti dilansir Manchester Evening News. Haller maupun Fornals sama-sama sudah memberikan kontribusi gol saat West Ham menang 5-3 atas klub Bundesliga, Hertha Berlin, dalam laga pramusim di Austria (1/8).

Pellegrini yang mengklaim skuadnya musim ini lebih tangguh ketimbang musim lalu optimistis dengan peluang The Hammers melawan City. ”Jika kami berada dalam performa yang konsisten dan bekerja keras sepanjang pertandingan, kami yakin bisa menyulitkan mereka (City, Red),” ucap pelatih yang membawa City memenangi Premier League 2013–2014 tersebut.

Dari City, Pep juga siap memainkan rekrutan termahal, yakni Rodrigo Hernandez atau yang biasa dikenal dengan Rodri. Diakuisisi dari Atletico Madrid dengan fee EUR 70 juta (Rp 1,1 triliun), central midfielder 23 tahun itu sudah memperlihatkan potensi untuk menjadi suksesor Fernandinho. Sebagaimana yang diungkapkan gelandang kreatif City Kevin De Bruyne.

”Dia (Rodri, Red) sudah menunjukkan betapa fenomenalnya dirinya selama sesi latihan dan laga-laga pramusim,” kata KDB –sebutan Kevin De Bruyne– di laman resmi klub.

Rodri sudah empat kali bermain selama pramusim. Mulai final Premier League Asia Trophy melawan Wolverhampton Wanderers (20/7) sampai Community Shield kontra Liverpool (4/8). ”Dia sempurna bagi kami,” tandas KDB.

Peran central midfield bukan hal mudah di City. Sebab, Pep telanjur memiliki referensi Sergio Busquets, gelandang bertahan FC Barcelona, dalam benaknya. Ilkay Guendogan yang sejatinya tidak bermain buruk saat menggantikan Fernandinho ternyata belum memuaskan Pep.

Semasa menangani Bayern Muenchen, Sang Filsuf –julukan Pep– sampai mentransformasi fullback Philipp Lahm untuk menjalankan peran ala Busquets role. Kepada Manchester Evening News, Fernandinho menyatakan siap membantu Rodri supaya lebih cepat beradaptasi dengan Premier League. ”Yang paling penting, dia merasa nyaman. Secara fisik, dia bagus. Secara teknik, juga tidak ada keraguan untuknya,” tutur gelandang 34 tahun dari Brasil itu.

Selain Rodri, City juga merekrut bek kanan Juventus Joao Cancelo sehari sebelum penutupan bursa transfer dengan harga EUR 60 juta (Rp 953 miliar). Sayang, pemain yang masuk pertukaran dengan Danilo itu belum akan dimainkan oleh Pep. ”Dia baru datang dua hari lalu dan terlalu cepat untuk pertandingan besok (melawan West Ham, Red),” kata Pep di laman resmi klub.

 

Perkiraan Pemain

West Ham (4-3-3): 1-Fabianski (g); 24-Fredericks, 4-Balbuena, 23-Diop, 3-Cresswell (c); 10-Lanzini, 41-Rice, 18-Fornals; 30-Antonio, 22-Haller, 8-Anderson

Pelatih: Manuel Pellegrini

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson (g); 2-Walker, 5-Stones, 14-Laporte, 11-Zinchenko; 17-De Bruyne, 16-Rodri, 21-Silva (c); 20-Bernardo, 10-Aguero, 7-Sterling

Pelatih: Pep Guardiola

Wasit: Mike Dean

Stadion: London Stadium

Live: Mola TV pukul 18.30 WIB

Asian Handicap 1 ¾ : 0

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads