alexametrics
UEFA Nations League 2018-2019

Fernando Santos: Portugal Selalu Diunggulkan Raih Gelar Juara

10 Juni 2019, 07:49:01 WIB

JawaPos.com – Salah satu sosok yang berperan besar membawa kejayaan bagi Timnas Portugal adalah Fernando Santos. Dia merupakan pelatih yang mampu membawa Selecao das Quinas meraih dua gelar juara di turnamen mayor yakni Euro 2016 dan terkini adalah UEFA Nations League 2018-2019. Dalam final Senin (10/6) dini hari WIB, Portugal menang 1-0 atas Belanda.

Sebelum Santos datang, Portugal belum pernah juara di turnamen mayor. Kesempatan datang pada Euro 2004 saat melangkah ke final. Namun, Portugal dikalahkan Yunani dengan skor 0-1. Kala itu, Portugal dilatih oleh Luiz Felipe Scolari.

Keberhasilan mempersembahkan gelar kedua bagi Portugal membuat Santos bangga. Dia pun tak ragu menegaskan bahwa Selecao das Quinas selalu diunggulkan meraih gelar juara. Menurutnya semua berubah usai Portugal menjuarai Euro 2016 yang digelar di Prancis.

“Para pemain sudah menyelesaikan pekerjaan yang sangat fantastis. Kebersamaan di timnas tak seperti di klub. Kuncinya mereka harus patuh terhadap pelatih mereka,” sebut Santos seperti dilansir laman resmi UEFA.

“Usai menjuarai Euro 2016, kami menjadi keluarga dan tim yang solid. Hal itu membuat kami selalu yakin akan apa yang kami lakukan. Bahkan, kesolidan ini sudah terjadi dalam lima tahun terakhir. Meski begitu, kami tak akan pernah berhenti. Kami ingin selalu menjadi tim yang diunggulkan meraih gelar juara,” pungkas Santos.

Santos ditunjuk sebagai pelatih Selecao das Quinas sejak 24 September 2014. Dia menggantikan posisi Paulo Bento. Sebelumnya, Santos menukangi Timnas Yunani. Hingga saat ini, dia membawa Portugal tampil dalam 65 laga dengan raihan 39 kemenangan, 16 seri, dan 10 kekalahan. Kemenangan yang diraih Portugal bersama dirinya mencapai 60%.

Editor : Edy Pramana



Close Ads