alexametrics

Preview Maroko vs Ghana: Start Buruk Hanya Akan Menyulitkan

PIALA AFRIKA
10 Januari 2022, 09:54:29 WIB

JawaPos.com – Piala Afrika 2021 resmi dimulai tadi malam. Tuan rumah Kamerun memenangi laga pembuka 2-1 menghadapi Burkina Faso. Dua tim yang sama-sama diprediksi lolos ke fase knockout dari grup A.

Situasinya sama dengan Maroko dan Ghana yang bertemu pada matchday pertama grup C di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, malam nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 23.00 WIB).

Berkaca dalam Piala Afrika lima edisi terakhir, dua tim tersebut kerap apes pada laga pertama. Ghana hanya memenangi dua laga pembuka mereka.

Sementara, tiga laga lainnya diakhiri Black Stars atau Bintang Hitam dengan dua kali seri dan sekali kalah.

Maroko lebih buruk. Singa Atlas hanya meraih sekali kemenangan dengan tiga pertandingan lainnya berakhir sekali seri dan dua kali kalah.

Bahkan, pada edisi 2015 di Guinea Khatulistiwa, mereka didiskualifikasi lantaran takut terhadap persebaran virus Ebola.

Meski kerap tersendat pada laga pembuka, dua tim itu beruntung beberapa kali bisa bangkit dan lolos ke fase knockout. Maroko tercatat dua kali lolos dalam lima edisi terakhir. Sementara, Ghana malah selalu lolos.

”Ghana adalah salah satu favorit (juara di Piala Afrika 2021, Red) yang tentu saja diyakini bisa melenggang ke fase knockout. Meski pertandingan pertama, kami sudah harus bermain bagus.”

”Start buruk hanya akan menyulitkan kami (di laga-laga berikutnya),” papar pelatih Maroko Vahid Halilhodzic kepada BBC Sport.

Mantan pelatih Jepang, Pantai Gading, hingga Paris Saint-Germain itu optimistis dengan timnya merujuk performa Maroko yang tidak terkalahkan dalam 14 laga (12 laga di antaranya menang) selama kalender 2021.

Statistik itu berbanding terbalik dengan Ghana yang penampilannya tidak terlalu meyakinkan sepanjang tahun lalu.

Di antara sebelas laga, Bintang Hitam hanya memenangi lima laga. Yang terbaru, Jordan Ayew dkk malah kalah 0-3 melawan Aljazair dalam persiapan menuju Piala Afrika pekan lalu (6/1).

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c14/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads