alexametrics
Liga Champions

Ederson Cedera, Bravo Kartu Merah, Walker Jadi Kiper Dadakan City

8 November 2019, 15:30:17 WIB

JawaPos.com – Ederson Moraes hanya bertahan di babak pertama. Kiper nomor satu Manchester City itu mengalami cedera otot paha kanan sehingga digantikan Claudio Bravo setelah turun minum. Sayang, Bravo melakukan dua kesalahan fatal dalam laga melawan Atalanta di Stadio San Siro kemarin (7/11).

Pertama, kiper timnas Cile tersebut gagal mempertahankan clean sheet dan keunggulan City sejak menit ketujuh lewat gol wide attacker Raheem Sterling. Respons yang lambat memudahkan gelandang Atalanta Mario Pasalic menyamakan skor hanya empat menit setelah Bravo berada di lapangan.

Kesalahan kedua lebih fatal. Tekelnya kepada Pasalic di luar kotak penalti pada menit ke-81 berbuah kartu merah untuk kiper yang pernah mengangkat Si Kuping Lebar, trofi juara Liga Champions, musim 2014–2015 bersama FC Barcelona itu. Seiring tidak memasukkan kiper ketiga dalam daftar susunan pemain, alhasil harus ada pemain outfield yang ketiban sampur.

Pilihan kemudian jatuh kepada bek kanan Kyle Walker. Itu pun tidak mudah. Untuk memastikan Walker berdiri di bawah gawang saja, butuh waktu lama. Total, mulai Bravo diusir sampai Walker memulai laga, prosesnya memakan durasi tujuh menit.

Tapi, pemain yang menggantikan wide attacker Riyad Mahrez tersebut tidak tampil mengecewakan. Bermain selama sembilan menit, Walker mempertahankan gawang City dari kebobolan. Salah satunya, menangkap bola sepakan bebas gelandang pengganti Atalanta, Ruslan Malinovskyi, hanya beberapa detik setelah masuk lapangan.

’’Apakah aku sukarela menjadi kiper? Sedikit,’’ ucap Walker kepada BT Sport. Bek 29 tahun yang digaet City dari Tottenham Hotspur dua tahun lalu tersebut mengaku tak punya pengalaman jadi kiper. Termasuk dalam sesi latihan City sekalipun.

Pertanyaannya, kenapa harus Walker? Selain Walker, di bangku cadangan ada John Stones (bek tengah), Angelino (bek kiri), Eric Garcia (bek tengah), dan Thomas Doyle (gelandang). Empat nama itu pun tak pernah punya pengalaman menjadi kiper. ’’Jujur, kami tidak tahu harus menunjuk siapa sampai Xavi (Xabier) Mancisidor (pelatih kiper City, Red) menyarankan untuk memilih Kyle (Walker),’’ ungkap Pep Guardiola, pelatih City, seperti dilansir Sky Sports.

Apa yang menjadi pertimbangan Mancisidor? ’’Dia (Walker) punya sesuatu yang berbeda (dari empat pemain lainnya, Red). Keberanian dan kecepatan. Dan, dia kembali menjadi penyelamat kami,’’ tambah Pep.

Kembali menjadi penyelamat? Ya, dalam laga City sebelumnya atau melawan Southampton di matchweek kesebelas Premier League, Walker tampil sebagai pembeda. Bek kelahiran Sheffield, Inggris, itu memberi assist untuk Sergio Aguero (70) lalu mencetak gol (86′) sehingga City urung dipermalukan Soton. Laga di Stadion Etihad tersebut berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk The Citizens. ’’Pekan yang tak terlupakan baginya,’’ sebut Sterling sebagaimana dilansir The Sun.

Ada lelucon yang diungkapkan Sterling tentang keberanian Walker menerima peran sebagai kiper. ’’Aku tidak menyangka Kyle (Walker) yang dipercaya karena aku saja tidak berani mengizinkannya menggendong bayiku,’’ seloroh pemain yang musim ini sudah mengemas 4 gol dari 3 penampilan di Liga Champions tersebut.

Kompetitor Walker di posisi bek kanan City, Joao Cancelo, memiliki penilaian lain. Menurut Cancelo, tidak semua pemain berani seperti Walker. ’’Aku saja tak berani karena aku memang tidak punya spesialisasi di sana (sebagai kiper),’’ sebut pemain yang pernah dua musim bermain di Serie A (bersama Juventus dan Inter Milan) tersebut kepada talkSPORT.

Secara terpisah, Manchester Evening News melaporkan bahwa cedera Ederson tidak parah. Kiper asal Brasil itu pun siap bermain dalam big match Premier League akhir pekan ini melawan Liverpool di Anfield (10/11). Jadi, City tak perlu lagi memainkan Walker sebagai kiper.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads