alexametrics

Mesir Pecat Aguirre, Nasib Seedorf di Kamerun Belum Pasti

8 Juli 2019, 14:41:55 WIB

JawaPos.Com-Kegagalan Mesir lolos ke perempat final Piala Afrika 2019 langsung memakan korban. Beberapa jam setelah kekalahan dari Afrika Selatan, Javier Aguirre diberhentikan sebagai pelatih Mesir. Itu membuat masa bakti pelatih 60 tahun tersebut hanya berumur nyaris setahun. Pelatih berkebangsaan Meksiko itu menangani The Pharaohs per 1 Agustus tahun lalu.

Bukan hanya Aguirre. Presiden EFA (Federasi Sepak Bola Mesir) Hany Abo Rida memutuskan mengundurkan diri. Keputusan tersebut diambil dengan dalih kewajiban moral.

Aguirre yang baru menjalani 12 laga bersama Mesir (9 kali menang, 1 kali seri, dan hanya 2 kali kalah) menerima dengan lapang dada keputusan dari EFA. ”Tentu saja saya bertanggung jawab (atas kegagalan Mesir di Piala Afrika 2019) meski secara permainan berimbang dan yang membedakan hanya satu gol dari mereka (Afrika Selatan),” ucap mantan pelatih timnas Jepang dan Meksiko itu seperti dilansir BBC Sport.

Aguirre diprediksi tidak sendirian sebagai pelatih korban kegagalan timnya di Piala Afrika 2019. Nasib Clarence Seedorf sebagai juru taktik Kamerun juga fifty-fifty. Status sebagai juara bertahan dan tersingkir di 16 besar dari Nigeria (2-3) bisa jadi bahan evaluasi serius bagi Fecafoot (Federasi Sepak Bola Kamerun). Apalagi, tidak banyak pemain yang berubah daripada edisi dua tahun lalu.

Namun, Seedord masih yakin bisa bertahan setidaknya hingga kontraknya habis pada 2022. Sama dengan Aguirre, Seedorf baru jadi pelatih Kamerun per Agustus tahun lalu. Jika benar pria asal Belanda itu dipertahankan, tugasnya tidak mudah. Sebab dia ditarget untuk meloloskan The Indomitable Lions ke Piala Afrika 2021 lalu ke Piala Dunia 2022.

”Saya menikmati setiap menit bekerja dengan tim ini. Kami akan tetap bersatu dan tidak akan membuang semua pekerjaan hebat yang telah dilakukan tim dalam beberapa bulan terakhir,” tutur mantan pelatih AC Milan dan Deportivo La Coruna tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/dns