alexametrics

Misi Arsenal dan Manchester United Redam Kuda Hitam Milik Tiongkok

8 April 2021, 21:28:16 WIB

JawaPos.com-Bersama Manchester United, Arsenal difavoritkan melaju ke final Liga Europa musim ini.

Apalagi, dua wakil Premier League itu dianggap sama-sama mendapatkan lawan mudah di perempat final. Jika United menghadapi Granada CF, Arsenal ditantang Slavia Praha. Tapi, itu hanya di atas kertas.

Di lapangan, Granada CF maupun Slavia tidak bisa dianggap sepele. Yang unik, mereka sama-sama dimiliki oleh investor asal Tiongkok. Granada CF dimiliki pengusaha Jiang Lizhang sejak Juni 2016. Pengusaha 40 tahun itu juga pemilik klub Liga Super Tiongkok, Chongqing Liangjiang AFC.

Jiang juga sempat menjadi pemegang saham mayoritas Parma Calcio 1913 sebelum melepasnya tahun lalu. Baru tiga tahun terakhir Granada CF menjadi kuda hitam di Spanyol.

Klub berjuluk Nazaries itu sukses promosi ke La Liga pada 2018−2019 dan finis zona Eropa (peringkat ketujuh di La Liga) musim lalu. Skuad Diego Martinez juga melaju sampai semifinal Copa del Rey musim lalu.

Slavia malah ”lebih” Tiongkok ketimbang Granada CF. Sinobo Group dan China International Trust Investment Corporation (CITIC) yang mengakuisisi kepemilikan Slavia pada 2018 adalah dua perusahaan yang dikelola langsung oleh pemerintah Tiongkok.

Ketimbang Cervenobili (Si Merah dan Putih), julukan Slavia, julukan sebagai tim asal Tiongkok lebih sering disematkan pada Slavia oleh media-media di Republik Ceko.

Kepada Football London, manajer Arsenal Mikel Arteta waswas dengan potensi kejutan Slavia jelang first leg perempat final di Emirates Stadium dini hari nanti (siaran langsung Champions TV 2 pukul 02.00 WIB).

”Yang dilakukan Slavia (di Liga Europa musim ini, Red) sangat hebat. Bahkan, di liga domestik mereka juga belum terkalahkan. Itu sudah membuat kami benar-benar mewaspadai mereka,” tutur Arteta.

Ya, Slavia belum tersentuh kekalahan dalam 25 penampilannya di Liga Satu Republik Ceko (20 kali menang dan 5 kali seri). Jan Boril dkk pun memuncaki klasemen dengan keunggulan hingga14 poin atas rival sekota, Sparta Praha, dengan hanya sembilan laga tersisa. Sudah dua musim terakhir kompetisi kasta teratas Ceko jadi milik Slavia.

Di dua fase knockout Liga Europa musim ini, Slavia juga sukses menyingkirkan klub asuhan Steven Gerrard, Rangers FC, lalu Leicester City.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c17/dns




Close Ads