alexametrics
Premier League

Manchester City vs Manchester United: Jangan Keok kalau Ingin Bertahan

7 Desember 2019, 20:03:49 WIB

JawaPos.com – Tekanan pemecatan kepada pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer untuk sementara mengendur. Kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur di Old Trafford pada Kamis lalu (5/12) menjadi alasannya.

Namun, menurut kiper legendaris United (1991–1999) Peter Schmeichel saat menjadi pandit Amazon Prime, berkurangnya tekanan Solskjaer bersifat temporer. Jika terhindar dari hasil buruk dalam derbi Manchester di Stadion Etihad dini hari nanti (siaran langsung Mola App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 00.30 WIB), barulah Solskjaer layak dinyatakan lolos dari ancaman pemecatan.

’’Ketenangan hanya bertahan jika Ole (Solskjaer) bisa menghindarkan tim dari kekalahan. Ole dalam tekanan besar setelah kita tahu Marco (Silva) yang situasinya mirip Ole sudah dipecat (oleh Everton, Red),’’ kata Schmeichel seperti dikutip Daily Mail kemarin (6/12).

Kiper yang pernah membela City di akhir karir bermainnya (2002–2003) itu termasuk yang mendorong Dewan Klub United untuk menghargai keinginan Solskjaer menghadirkan pemain muda sebagai tulang punggung tim musim ini. Meski, sebagai konsekuensinya, performa The Red Devils naik turun seperti yoyo.

Para pemain United pun tidak ingin kehilangan Solskjaer. Gelandang Scott McTominay dalam wawancara dengan Manchester Evening News menyuarakan bahwa Solskjaer mendapat respek dari semua pemain. ’’Kami berusaha melakukan yang terbaik di lapangan dan tentu semua ini untuknya (Solskjaer, Red). Kami mencintainya sebagai sosok pelatih kami dan semua pemain sepakat soal itu,’’ tutur pemain yang musim ini menjadi pilar lini tengah United seiring Paul Pogba yang sudah setengah hati dan semakin ’’menuanya’’ Nemanja Matic tersebut.

McTominay menyebutkan, kemenangan atas Spurs tidak hanya menaikkan moral bertanding timnya. Tetapi juga menambah konfidensi United melawan big six Premier League. Musim ini statistik United melawan big six memang tanpa kekalahan. Sebelum mengalahkan Spurs, Harry Maguire dkk mengungguli Chelsea empat gol tanpa balas (11/8), lalu seri 1-1 versus Arsenal (30/9) dan Liverpool (20/10).

Dalam pre-match press conference di Carrington tadi malam, Solskjaer menyebut derbi selalu menjadi laga yang spesial. Selain City adalah rival big six. Di pertemuan pertama sebagai pelatih United pada 24 April lalu di Old Trafford, Solskjaer keok 0-2. Tapi, pelatih 46 tahun itu menilai kondisi timnya saat ini lebih baik daripada April lalu.
’’Yang akan kami hadapi adalah salah satu tim terbaik di Inggris saat ini. Maka, yang kami butuhkan adalah konsistensi. Banyak yang meragukan, tetapi kami bisa membalikkan keraguan itu asalkan percaya diri,’’ beber Solskjaer yang akan menjalani laga ke-52 bersama United.

ESPN memprediksi bahwa Solskjaer akan mengubah skema dari 4 bek menjadi 3 bek tengah seiring City adalah tim yang senang menguasai bola berlama-lama. Strategi menunggu celah lini belakang dan menghabisi lawan dengan serangan balik menjadi andalannya. Apalagi, United memiliki senjata mematikan, Marcus Rashford. Dalam tujuh pertandingan terakhir di Premier League, Rashford mampu melesakkan enam gol.

Tidak mau kalah dengan United yang punya Rashford, pelatih City Pep Guardiola mengklaim bahwa Gabriel Jesus memberikan dampak yang sama positifnya bagi tim. Absennya Sergio Aguero bukan masalah baginya. Dalam laga terakhir atau saat menang 4-1 di kandang Burnley (4/12), Jesus memborong dua gol. ’’Ketika menjalankan ide-ide dari tim dalam permainannya, dia (Jesus) akan mencetak gol-gol lagi,’’ ucapnya kepada Manchester Evening News.

Perkiraan Pemain

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson (g); 2-Walker, 5-Stones, 25-Fernandinho, 22-Mendy; 17-De Bruyne, 16-Rodri, 21-Silva (c); 26-Mahrez, 9-Jesus, 7-Sterling
Pelatih: Pep Guardiola

Manchester United (3-4-1-2): 1-De Gea (g); 2-Lindelof, 5-Maguire (c), 16-Rojo; 29-Wan-Bissaka, 39-McTominay, 17-Fred, 23-Shaw; 14-Lingard; 21-James, 10-Rashford
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Wasit: Anthony Taylor
Stadion: Etihad
Live: Mola App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 00.30 WIB

Asian Handicap 0: 1 1/2

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads