alexametrics
Timnas Jerman

Loew Terpaksa Harus Turunkan Neuer dan Ter Stegen Bergantian

7 Oktober 2019, 11:30:40 WIB

JawaPos.com – Sengketa posisi kiper nomor satu timnas Jerman antara Manuel Neuer dan Marc-Andre ter Stegen meruncing dalam kualifikasi Euro 2020 bulan lalu. Ter Stegen mengomplain pilihan der trainer Joachim Loew yang selalu menurunkan Neuer meski kiper Bayern Muenchen itu tidak dalam performa konsisten. Bayern lalu merespons dengan mengancam tak mau loyal lagi mengizinkan pemainnya dipanggil ke skuad Die Mannschaft.

Persoalan serupa muncul jelang dua laga Jerman sepekan ke depan. Tiap-tiap uji coba menghadapi Argentina di Signal Iduna Park (10/10) dan lanjutan kualifikasi Euro 2020 di kandang Estonia (14/10).

Loew pun memiliki solusi untuk meredam ketegangan antara Neuer dan Stegen. Pelatih yang akrab disapa Jogi itu memberikan jatah bermain untuk masing-masing. Ter Stegen turun melawan Argentina, sementara Neuer yang juga kapten Die Mannschaft bermain kontra Estonia. ’’Sisi baiknya, kami senang memiliki dua kiper berkualitas,’’ ucap pelatih berusia 59 tahun tersebut seperti dilansir Bild.

Meski berbagi, Jogi menyebutkan, Neuer masih berstatus kiper nomor satu. ’’Tapi, tetap dalam pengawasan sebagaimana pemain lainnya,’’ lanjutnya.

Secara performa, sejak musim lalu, Neuer lebih baik ketimbang Ter Stegen. Neuer mencatat 29 clean sheet atau empat lebih banyak ketimbang Ter Stegen. Hanya, jumlah laga Ter Stegen lebih banyak (58-49).

Untuk fisik, Ter Stegen lebih prima. Kiper 27 tahun itu jarang menderita cedera dalam waktu lama. Selama berkostum Barca, durasi terlama pemilik 22 caps tersebut cedera adalah 34 hari (cedera lutut). Bandingkan dengan Neuer yang sempat menepi 359 hari pada paro akhir 2017–2018 hingga paro musim lalu karena retak metatarsal. Itu belum termasuk cedera betis kambuhan kiper 33 tahun tersebut selama tiga musim terakhir.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/dns



Close Ads