alexametrics
Euro 2020

Tampil di Wembley, Inggris Berambisi Menghapus Mimpi Buruk Euro 1996

7 Juli 2021, 14:10:25 WIB

JawaPos.com – Stadion Wembley di Inggris menjadi tuan rumah untuk semifinal dan final Euro 2020. Semifinal pertama telah dilangsungkan pada Rabu (7/7) dini hari WIB. Italia sukses melaju ke final usai menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti setelah dalam waktu normal dan babak tambahan waktu skor tetap sama kuat 1-1.

Pada Kamis (8/7) dini hari WIB, semifinal kedua mempertemukan Inggris dengan Denmark di tempat sama. Harapan para pendukung Inggris akan kemenangan timnya tak terbendung lagi. Inggris menampilkan permainan menawan sejak babak grup meski sempat diimbangi Skotlandia. Pertahanan The Three Lions – julukan Timnas Inggris, sejauh ini kokoh. Hingga perempat final, gawang mereka belum pernah kebobolan alias masih perawan.

Inggris tentu tak ingin mengalami ketidakberuntungan saat menjadi tuan rumah Euro 1996 silam. Mimpi buruk kala itu diharapkan bisa dihapus. Kala itu, bertindak sebagai tuan rumah, Inggris terhenti di semifinal usai kalah dalam drama adu penalti melawan Jerman.

Kini, di tempat sama, Inggris dan terutama Gareth Southgate ingin menghapus trauma kegagalan. Perlu diketahui, Southgate yang saat ini menjadi pelatih The Three Lions, bisa dibilang menjadi salah satu biang kegagalan Inggris. Dalam drama adu penalti, Southgate menjadi satu-satunya eksekutor Inggris yang gagal menjalankan tugasnya. Kegagalan Southgate membuat The Three Lions gagal melangkah ke final.

Di Euro 1996, paduan suara “football’s coming home” menggema. Itu mencerminkan fakta bahwa Inggris menjadi tuan rumah saat itu dan bahwa sepak bola diciptakan di Inggris.

Sebagai tempat kelahiran sepak bola, Inggris melahirkan banyak klub ternama dan memiliki museum yang mencatat sejarah permainan dan pemain terbaik. Ada banyak sejarah sepak bola di Inggris. Untuk penggemar sepak bola yang ingin menggali lebih dalam dan menikmati tempat lahirnya sepak bola Inggris, ada beberapa rekomendasi.

Editor : Edy Pramana

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads